PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Tata Cara Sholat Tahajud yang Sesuai dengan Sunnah

Tata Cara Sholat Tahajud yang Sesuai dengan Sunnah

Sebagai seorang muslim, memahami tata cara sholat tahajud sangatlah penting. Sholat tahajud ini merupakan salah satu ibadah dengan keutamaan yang melimpah. Terlebih lagi Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan amalan satu ini selama hidupnya.

Agar bisa melaksanakan sholat tahajud dengan lebih khusyuk, Kamu harus benar-benar hafal tata cara yang harus dilakukan. Namun pastikan kalau cara yang dilakukan memiliki landasan dalil atau hujjah dari para ulama salaf dan memang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Waktu untuk Pelaksanaan Sholat Tahajud

Sebelum kita membahas tata cara sholat tahajud lebih lanjut, hal pertama yang wajib Kamu pahami adalah waktu untuk mengerjakan tahajud itu sendiri. Berdasarkan pendapat ulama, ada 3 waktu untuk melaksanakan sholat satu ini.

  1. Sepertiga malam pertama yang dimulai setelah selesai sholat Isya hingga pukul 22.30.
  2. Sepertiga malam kedua yang dimulai pada pukul 22.30 hingga pukul 01.30.
  3. Sepertiga malam terakhir yang dimulai pada pukul 01.30 hingga sebelum memasuki waktu subuh.

Namun waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah pada seperti ga malam terakhir seperti sabda dari Rasulullah SAW

“Rabb kami -Tabaroka wa Ta’ala- akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir”

Kemudian ada firman Allah

“Siapa yang memanjatkan do’a pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampunan untuknya.”

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Berdasarkan sunnah, rakaat sholat tahajud dikerjakan masing-masing 2 rakaat. Adapun jumlah rakaat yang bisa Kamu kerjakan tidak terbatas. Kamu bisa melakukannya sesuai dengan waktu yang dimiliki pada malam tersebut.

Namun berdasarkan hadits shahih dari Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW senantiasa menjaga sholat tahajud dengan jumlah rakaat 11 atau 13. Hal ini dijumlahkan dengan sholat witir yang dilakukan setelah tahajud itu sendiri.

Tata Cara Sholat Tahajud yang Benar

Setelah memahami waktu terbaik dan rakaat sholat tahajud yang sudah kami jelaskan di atas, kita bisa langsung melakukan pembahasan mengenai tata cara sholat tahajud yang benar sesuai dengan landasan sunnah.

Berniat dalam hati, bisa diafdolkan dengan membaca niat “Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillahi ta’aalaa. Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Ta’ala.”

  1. Melakukan takbiratul ihram, diikuti dengan membaca doa iftitah sebagaimana sholat fardu
  2. Membaca surah Al-Fatihah
  3. Membaca surah dalam Al-Quran. Bisa surat pendek ataupun surat panjang. Namun Rasulullah SAW biasanya membaca surah yang panjang.
  4. Rukuk dengan tuma’ninah dan membaca doa
  5. I’tidal dengan tuma’ninah sambil membaca doa i’tidal
  6. Sujud dengan tuma’ninah sambil membaca doa sujud
  7. Mengulangi gerakan pada rakaat pertama
  8. Melakukan tahiyatul akhir dan membaca lafadz tahiyyat akhir.
  9. Melakukan Salam

Terus saja ulang tata cara sholat tahajud tersebut sampai Kamu memenuhi jumlah rakaat yang diinginkan. Setelah melakukan 2 rakaat dianjurkan untuk membaca wirid seperti Istighfar, tahlil, tahmid, tasbih, takbir dan shalawat. Lalu diselesaikan dengan membaca doa sholat tahajud yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Keutamaan yang ada dari Sholat Tahajud

Berdasarkan sumber yang shahih, ada banyak sekali keutamaan yang bisa Kamu dapatkan dari melakukan sholat tahajud. Berikut ini beberapa keutamaan tersebut :

  1. Ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.
  2. Senantiasa dikabulkan doanya oleh Allah SWT
  3. Menjadi amalan yang akan sangat membantu di akhirat
  4. Tergolong ke dalam orang saleh
  5. Menjaga kesehatan rohani

Dengan melihat keutamaan dari sholat tahajud ini, tentu sudah semestinya kita sebagai muslim bisa mulai membiasakan diri untuk bangun malam dan menjadikannya sebagai amaliyah suluk. Namun pastikan untuk mengikuti tata cara sholat tahajud yang sudah kami jelaskan di atas agar sholat Kamu lebih sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *