PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Tata Cara Mandi Wajib yang Benar

Tata Cara Mandi Wajib yang Benar

Tata cara mandi wajib harus dilakukan dengan baik untuk menjaga kesempurnaan beribadah serta bisa memberikan ketenangan batin. Di dalam bahasa Arab, mandi sendiri memiliki arti pengaliran.

Mandi wajib mempunyai istilah lain yakni mandi junub yang memiliki arti mandi ketika berada dalam keadaan junub. Jika dilihat dari istilah, mandi wajib adalah mengalirkan air sampai ke seluruh tubuh mulai dari ujung kepala hingga kaki.

Waktu yang paling tepat ketika melakukan mandi wajib ialah, menyegerakannya jika sudah selesai melakukan aktivitas hadas besar. namun khusus untuk Bulan Ramadhan, mandi wajib bisa dilakukan sebelah maupun sebelum imsak serta tidak membatalkan puasa.

Namun akan lebih baik jika dilakukan sebelum melakukan salat subuh sehingga dapat melakukan salat ketika awal waktu.

Tata Cara Mandi Wajib Urut

Ada beberapa penyebab yang menjadi alasan seseorang melakukan mandi wajib seperti melakukan hubungan suami istri, ketika berhenti darah nifas. Keluar air mani yang disebabkan karena sebab lain juga harus mandi wajib.

Pria yang mimpi basah, wanita yang melahirkan, serta masuk Islam juga harus melakukan mandi besar. Bagi wanita, harus melakukan mandi wajib ketika sudah selesai haid.

Bagi wanita, ketika menstruasi, kamu tidak diperbolehkan melakukan ibadah. Jika sudah selesai haid, kamu dapat melakukan ibadah lagi dengan syarat sudah melakukan mandi waijib. Berikut cara melakukan mandi wajib yang benar:

  1. Membaca niat mandi wajib

Layaknya ibadah yang lain, ketika melakukan mandi wajib, kamu harus membaca niat. Bacaan niat ini yang membedakan mandi wajib dengan mandi biasa yang sering kamu lakukan.

Ketika membaca niat, kamu bisa membacanya dalam hati maupun secara lisan. Bahkan, jika belum hafal, kamu bisa membaca niat tersebut.

  1. Tata cara mandi wajib

Setelah selesai membaca niat. Berikut tata cara mandi wajib yang bisa kamu ikuti:

  1. Bersihkan kedua tangan hingga 3 kali dengan baik,
  2. Bersihkan bagian tubuh yang kotor dengan menggunakan tangan kiri. Pastikan sudah membersihkannya dengan baik
  3. Ulang lagi mencuci tangan, kemudian berwudhu disertai dengan niat wudhu. Setelah selesai berwudhu, kamu bisa membasuh kepala sebanyak 3 kali mulai dari pangkal rambut,
  4. Pisah rambut dengan menggunakan jari-jari, kemudian guyur semua tubuh, bersihkan tubuh dengan menggunakan sampo serta sabun hingga bersih.
  5. Hal yang harus diperhatikan saat mandi wajib

Selain melakukan tata cara mandi junub, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan mandi wajib ini. berikut berbagai hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Gunakan air yang bersih. Mandi wajib tentu saja harus menggunakan air yang suci dan bersih. Air juga harus bersih tanpa terkena kotoran.
  2. Mandi wajib dihukumi sebagai pengganti wudhu. Selain itu seluruh tubuh juga harus basah tanpa terkecuali ketika melakukan man di wajib.
  3. Tidak menggunakan penutup kepala. Karena mandi wajib dilakukan dengan keramas juga, tentu saja kamu tidak boleh menggunakan penutup kepala. Malah, bagian kepala harus dibersihkan dengan baik.
  4. Memastikan doa yang dibaca sudah sesuai dan membersihkan lipatan kulit. Ketika melakukan mandi besar, pastikan kembali jika doa yang kamu baca sudah sesuai. Selain itu kamu juga harus membersihkan semua bagian lipatan kulit.

Seluruh proses mandi wajib tentu saja harus dipahami dengan seksama, sehingga nantinya ibadah yang kamu lakukan tidak sia-sia karena masih berada dalam keadaan badan kotor karena hadas besar, jadi pahami tata cara mandi wajib dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *