Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk Pengguna Baru

Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk Pengguna Baru

Cara registrasi kartu Telkomsel sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun sayangnya masih banyak orang yang merasa khawatir proses registrasi yang mereka lakukan tidak diterima. Bahkan ada juga beberapa diantaranya yang enggan menggunakan identitas mereka sendiri saat melakukan registrasi.

Padahal sebenarnya proses registrasi pada kartu prabayar ini merupakan salah satu program pemerintah untuk melindungi Kamu sebagai konsumen itu sendiri. Lagipula syarat-syaratnya sangat mudah untuk dipenuhi.

Ada beberapa cara yang bisa Kamu coba untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel ini. Namun yang paling direkomendasikan tentu saja melalui fitur SMS seperti yang sudah dijelaskan oleh pemerintah sebelumnya. Tidak hanya untuk kartu Telkomsel saja, registrasi ini juga diberlakukan bagi pengguna kartu lainnya.

Syarat untuk Registrasi Kartu Telkomsel

Untuk melakukan registrasi kartu Telkomsel di handphone anda, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Tenang saja, syarat yang harus Kamu penuhi sama sekali tidak ribet. Berikut ini syarat-syarat tersebut :

  1. Memiliki NIK
  2. Memiliki KK
  3. Kartu Telkomsel baru yang belum diregistrasi

Untuk mengirimkan SMS registrasi ke 4444, pastikan kartu Telkomsel Kamu terisi pulsa. Jika tidak, proses registrasi tidak akan bisa dilakukan.

Cara Register Kartu Telkomsel

Setelah syarat-syarat di atas Kamu penuhi seluruhnya, kita bisa langsung melanjutkan pembahasan ke cara-cara register melalui fitur SMS yang ada pada handphone. Ikuti panduannya di bawah ini :

  1. Pastikan kartu Kamu terisi pulsa (minimal untuk SMS)
  2. Masukkan kartu baru telkomsel Kamu pada handphone
  3. Buka aplikasi SMS pada handphone
  4. Ketikkan REG NIK#NomorKK#, Contoh: REG 123456789#987654321#
  5. Kemudian Kirim ke 4444

Setelahnya akan muncul notifikasi yang memperlihatkan kalau kartu telkomsel Kamu sudah diregistrasi. Kalau sudah sampai di tahap ini, berarti cara registerkartu Telkomsel yang Kamu lakukan berjalan dengan lancar.

Beberapa Pertanyaan yang Sering Diajukan

Ada banyak sekali pertanyaan yang berkaitan dengan cara melakukan registrasi kartu Telkomsel ini. Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya berhubungan dengan persyaratan dan kendala pada saat melakukan registrasi itu sendiri.

  1. Mengapa cara register kartu telkomsel ini harus dilakukan?

Registrasi kartu prabayar ini bertujuan untuk validasi data pemilik kartu. Nantinya data Kamu akan disinkronisasikan dengan database kependudukan yang ada di Ditjen Dukcapil. Proses registrasi dan validasi ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dan sudah diatur oleh undang-undang.

  1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi?

Umumnya registrasi akan selesai hanya dalam waktu beberapa menit saja. Namun jangka waktu maksimal dari proses registrasi ini adalah 1 x 24 jam. Jika Kamu belum menemukan jawaban dari proses registrasi yang dilakukan, silakan melakukan registrasi ulang.

  1. Bagaimana jika saya belum memiliki KTP?

Untuk Kamu yang belum memiliki KTP bisa menggunakan NIK yang ada pada kartu keluarga. Jika belum memiliki kartu Keluarga, maka secara otomatis Kamu tidak bisa melakukan registrasi. NIK merupakan syarat utama untuk melakukan registrasi kartu apapun.

  1. Kenapa NIK saya tidak bisa didaftarkan?

Kemungkinan besar NIK Kamu sudah terdaftar untuk lebih dari 2 nomor seluler sebelumnya. Agar bisa mendaftarkan diri Kamu kembali, pastikan untuk melakukan unreg pada kartu yang sudah tidak digunakan sebelumnya. Kemudian melakukan registrasi ulang dengan kartu telepon yang baru.

Bagi Kamu yang berstatus WNA (Warga negara Asing), proses registrasi bisa dilakukan dengan mengunjungi gerai Telkomsel terdekat di wilayah anda. Jangan lupa untuk membawa Paspor / KITAS / KITAP agar cara registrasi kartu Telkomsel yang Kamu pilih berjalan dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *