PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Cara Merekam Layar Laptop di OS Windows dan MacOS

Cara Merekam Layar Laptop di OS Windows dan MacOS

Cara merekam layar laptop sejatinya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, baik oleh mereka yang awam hingga profesional sekalipun. Tutorialnya bahkan bisa dengan mudah ditemukan di internet lewat artikel blog.

Produsen sistem operasi ternama seperti Windows dan Apple Macintosh, telah memberikan panduan pada para penggunanya guna memudahkan mereka mengoperasikan perangkat buatannya. Termasuk teknik merekam tampilan layar pada laptop dengan mudah.

Cara Merekam Layar Laptop di OS Windows

Sistem operasi Windows maupun Macintosh memiliki kemampuan untuk merekam layar pada perangkat masing-masing seperti laptop, tanpa harus memasang perangkat lunak tambahan. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan di bawah berikut ini.

  1. Memanfaatkan fitur ‘Game Bar’ pada Windows 10

OS Windows 10 sejatinya telah dilengkapi oleh sebuah fitur bernama ‘Game Bar’ untuk merekam aktivitas layar pada laptop. tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga. Hal ini dinilai sangat memudahkan pengguna.

Secara umum, fitur ini digunakan oleh para gamer saat memainkan game di platform XBox milik Microsoft. Kemampuannya yang luas, kemudian dimanfaatkan untuk keperluan lainnya di luar gaming seperti merekam layar.

  1. Aktifkan perekam layar dengan cepat dan mudah

Caranya mengaktifkan perekam layar pada fitur tersebut sangat mudah, yakni hanya dengan menekan ikon ‘Windows’ kemudian ‘Setting’, cari opsi ‘Gaming’, dan pilih ‘Game Bar’. Pastikan statusnya ‘On’ agar bisa digunakan.

Untuk memulai proses perekaman. klik tombol ‘Windows’ dan ‘G’ secara bersamaan hingga muncul ikon webcam. Pilih ikon tersebut dan kemudian klik tombol titik besar hingga terlihat notifikasi ‘Capture Status’ Berjalan.

  1. Trik tombol shortcut guna mempercepat proses

Cara merekam layar laptop dengan menggunakan fitur ‘Game Bar’ seperti di atas ternyata bisa dipercepat lewat tombol shortcut. Selain lebih efisien, hal tersebut bisa memangkas waktu dalam beberapa kegiatan sekaligus.

Mulai dari + ‘G untuk mengakses fitur ‘Game Bar’, Alt+Print Screen (tangkapan layar), +Alt+R (mulai dan hentikan perekaman), Alt+B (stop siaran broadcast), Alt+M (akses mikrofon), Alt+W (mode kamera saat broadcast berlangsung).

Merekam Aktivitas Layar di OS Apple Macintosh

Sama seperti Windows dengan opsi ‘Game Bar’ miliknya untuk merekam aktivitas layar, pihak Apple juga memiliki kemampuan serupa dengan menyematkan aplikasi bawaan MacOS bernama QuickTime. Cara menggunakannya juga sangat mudah.

  1. Menggunakan fitur QuickTime Player

Langkah pertama adalah membuka aplikasi QuickTime Player, kemudian klik kanan pada ikonnya dan pilih menu “New Screen Recorder”. Sampai sini, akan muncul kotak untuk melakukan proses perekaman bernama Screen Recording.

Proses perekaman bisa berjalan dengan menekan ikon berupa lingkaran merah pada jendela tersebut. Jangan lupa, kamu juga harus menentukan lebar area yang ingin direkam dengan melakukan klik di bagian manapun.

  1. Proses editing bisa dilakukan dalam satu waktu

Cara merekam layar laptop dengan menggunakan QuickTIme di atas, juga dilengkapi dengan ftur untuk proses editing dalam satu aplikasi. Video yang ditampilkan bisa digunakan secara langsung atau disunting terlebih dahulu.

Pada aplikasi tersebut, buka video yang ingin di sunting dan kemudian klik menu ‘File’ dan pilih opsi ‘Trim’ atau menggunakan tombol shortcut CMD + I. Fitur ini berguna untuk memotong video.

Menggunakan Aplikasi Perekaman Pihak Ketiga

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa merekam semua aktivitas ketikan menggunakan laptopmu dengan berbagai macam aplikasi pihak ketiga. Pilihannya sangat beragam dan beberapa di antaranya tersedia gratis maupun berbayar.

Beberapa perekam gratis tersebut adalah CamStudio, Action, ShareX, OBS Studio, dan Flashbak Express. Sedangkan versi berbayarnya adalah HitPaw Screen Recorder, Camtasia, Movavi, Icecream Screen Recorder Pro, AceThinker dan software lainnya.

Kegiatan merekam layar di saat beraktivitas memang telah menjadi sebuah kebutuhan pada saat ini. Para pengguna tidak hanya harus menguasai cara merekam layar laptop, tapi juga mampu mengoperasikannya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *