Cara Membuat NPWP Online Ternyata Sangat Mudah

Cara Membuat NPWP Online Ternyata Sangat Mudah

Cara membuat NPWP online adalah pengetahuan yang banyak dicari. Kondisi ini terbilang sebagai sesuatu yang wajar.

Itu karena, NPWP sudah menjadi tanda wajib untuk memenuhi berbagai persyaratan. Ketika teknis online belum ada, setiap orang perlu datang ke kantor pajak ketika ingin memiliki NPWP.

Ini jelas merupakan hal yang merugikan. Itu karena, pergi ke kantor pajak membutuhkan waktu yang banyak.

Mereka dengan kondisi sibuk pasti kesulitan jika harus mengantri disana. Terlebih lagi datang ke kantor pajak membutuhkan biaya.

Ini jelas berbeda jika cara yang digunakan adalah online. Hanya dengan menunggu di rumah, NPWP akan selesai dengan sendirinya.

Penuhi Beberapa Persyaratan Terlebih Dahulu

Dalam cara membuat NPWP online, salah satu tahapan paling penting adalah memenuhi persyarat. Jika persyaratan belum dipenuhi, pembuatan NPWP tidak bisa dilakukan.

Secara umum, KTP adalah satu-satunya persyaratan yang perlu dipenuhi ketika akan membuat NPWP. Jika KTP sudah dimiliki, pembuatan bisa dilakukan secara lancar.

Namun NPWP tidak hanya diperuntukkan bagi warga negara Indonesia. Warga negara luar yang tinggal di Indonesia juga harus memilikinya.

Tentu persyaratan yang diperlukan bukan KTP. Terdapat dua tipe WNA yang tinggal di indonesia.

Pertama adalah WNA dengan kartu izin tinggal terbatas atau KITAS dan WNA dengan kartu izin tinggal tetap atau KITAP. Jika memiliki satu di antara kedua kartu tersebut, pendaftaran NPWP bisa dilakukan.

Berikut Cara Membuat NPWP Online

Cara membuat NPWP online sebenarnya tidak sulit. Jika ingin menjalankannya, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui.

Kebanyakan dari Anda pasti sedang mencari tata cara lengkap dalam menjalankannya. Oleh sebab itu, berikut pembahasannya secara lebih rinci.

  1. Masuk ke Situs

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke situs. Laman yang dimaksud adalah ereg.pajak.go.id.

Anda bisa langsung memasukkan alamat tersebut ke browser. Namun melakukan pencarian di google juga bisa dilakukan.

Caranya adalah mencari dengan kata kunci “ereg pajak”. Nantinya, klik situs yang muncul pada bagian paling atas.

  1. Daftar

Tahapan selanjutnya adalah mendaftar. Cara mendaftarnya sendiri tidak sulit. Pilih saja menu daftar yang ada di situs tersebut.

Selanjutnya, masukkan alamat email milik pribadi. Tambahkan juga pasword dan beberapa data lain.

Jika proses tersebut sudah selesai, bukalah email yang sebelumnya dimasukkan. Nantinya akan terdapat email dari kantor pajak yang berisi link verifikasi.

Klik link tersebut dan akun otomatis teraktivasi. Jika verifikasi sudah dilakukan, kembalilah ke situs pajak yang sebelumnya dimasuki.

  1. Isi Data

Jika sebelumnya memilih menu daftar, sekarang pilihlah menu log in. Masukkan email dan password yang sebelumnya sudah didaftarkan.

Nantinya kamu akan diperintahkan untuk melakukan registrasi kedua. Registrasi kedua sendiri berisi pengisian data diri.

Pastikan semua pengisian dilakukan dengan data yang sebenarnya. Itu karena, kantor pajak nantinya akan mengecek kebenaran data tersebut.

  1. Kirim Token

Jika data diri sudah selesai, lanjutkan tahapan menuju pengiriman token. Klik menu token tersebut dan cek email masuk.

Nantinya token tersebut akan didapat melalui email. Token sendiri berisi kumpulan kata unik. Simpan token tersebut agar tidak sampai hilang.

  1. Tunggu

Tunggu saja hingga kantor pajak selesai melakukan verifikasi data. Biasanya proses verifikasi tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa hari.

Jika prosesnya sudah selesai, kantor pajak akan mengirimkan NPWP yang sudah dibuat melalui kantor POS. Cukup tunggu saja di rumah dan NPWP akan datang secara gratis.

Zaman sudah menjadi semakin berkembang. Oleh sebab itu, keberadaannya sangat wajib dimanfaatkan. Kondisi ini jelas terlihat ketika mengulas cara membuat NPWP online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *