PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Cara Membuat CV agar Dilirik Oleh HRD

Cara Membuat CV agar Dilirik Oleh HRD

Cara membuat CV terlihat lebih menarik pasti menjadi hal yang kamu cari ketika ingin melamar sebuah pekerjaan. Harus diakui jika langkah awal agar dapat bekerja di sebuah perusahaan adalah dengan menyertakan CV ke HRD perusahaan yang ingin kamu lamar.

Dengan menggunakan CV, nantinya HRD akan melakukan proses seleksi agar bisa memudahkanmu untuk mengevaluasi serta mengetahui seperti apa kompetensi yang dimiliki pelamar.

Tentu saja profil serta garis besar pengalaman pekerjaan yang kamu miliki juga berada di dalamnya. Hal ini nantinya akan menjadi referensi perusahaan yang akan mewawancaraimu.

Dari begitu banyaknya CV yang masuk di perusahaan, terkadang HRD hanya membaca sekilas, dan tidak dibaca dengan seksama oleh HRD. Tentu saja HRD akan memilih CV yang terlihat menarik.

Cara Membuat CV Terlihat Menarik

Jika mengetahui kenyataan jika Curriculum vitae tidak keseluruhan dibaca oleh HRD, tentu saja kamu akan langsung berupaya membuat Curriculum vitae yang terlihat menarik bukan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar Curriculum vitae yang kamu kirimkan dilirik oleh HRD:

  1. Pahami dengan baik isi CV

Jika kamu merupakan fresh graduate atau baru lulus, mungkin kamu belum memiliki pengalaman untuk membuat CV agar terlihat menarik atau apa saja yang harus tercantum di dalam CV tersebut.

Ketika membuat Curriculum vitae, hal-hal yang harus ada di dalamnya seperti identitas diri secara lengkap mulai dari nama hingga alamat email. Kemudian kamu harus mencantumkan pendidikan terakhir, gambaran singkat mengenai dirimu, keterampilan yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki pengalaman kerja serta proyek yang sudah pernah diselesaikan, kamu bisa mencantumkannya. Selain itu jika terdapat pelatihan terbaru yang kamu ikuti, kamu bisa mencantumkannya. Cantumkan juga berbagai informasi mengenai dirimu.

  1. Buat CV yang sederhana

Terkadang, karena sangat ingin dilihat oleh HRD, banyak calon karyawan yang membuat Curriculum vitae secara berlebihan. Padahal, HRD lebih menyukai desain yang simple namun sarat dengan berbagai macam informasi penting.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat CurV yakni penggunaan huruf besar, huruf tebal, huruf miring dan garis bawah. Gunakan huruf tersebut ketika terdapat penekanan yang ingin kamu tonjolkan.

Kemudian, kamu harus menghindari font yang basic. Kamu bisa memilih font modern namun tetap terkesan formal. Desain Curriculum vitae yang bagus juga harus enak dilihat. Kamu bisa membuat Curriculum vitae dengan menggunakan aplikasi seperti photoshop maupun coreldraw.

Ketika memilih desain CV, pastikan desain tersebut tetap simple, dan mengakomodir semua informasi yang ingin kamu sampaikan pada perusahaan.

  1. Cantumkan informasi dengan mendetail

Cara membuat CV yang menarik lainnya ialah mencantumkan informasi dengan mendetail, terutama untuk masalah pengalaman kerja.

Kamu bisa menuliskan tanggungjawab serta seperti apa kompleksibilitas pekerjaan yang kamu kerjakan di perusahaan lalu. Dengan cara ini, HRD akan bisa dengan mudah mengukur kapasitas yang kamu miliki.

Dari sini, HRD juga bisa menentukan apakah kamu cocok dengan posisi tersebut atau tidak. Perlu diketahui, semakin lengkap informasi yang kamu masukkan, akan semakin besar juga kemungkinan kamu dipanggil test selanjutnya.

  1. Tunjukkan kemampuan bahasa asing

Bila kamu menguasai bahasa asing, tidak ada salahnya mengisi Curriculum vitae dengan menggunakan bahasa asing. CV dengan menggunakan bahasa asing mnejadi daya tarik untuk perusahaan. Apalagi jika kamu ingin melamar perusahaan multinasional.

Tetapi, jika ingin menggunakan bahasa asing, kamu harus memperhatikan dengan baik seperti apa tata bahasa yang digunakan, jangan menggunakan bahasa asing dengan slang.

Merancang CV agar bisa dilihat oleh HRD memang gampang-gampang susah, apalagi jika perusahaan yang kamu lamar merupakan perusahaan besar. Sehingga perhatikan cara membuat CV di atas dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *