PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Cara Daftar Kartu Prakerja Lewat HP

Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial kepada sobat PartnerBisnismu tentang cara daftar kartu prakerja. Penasaran seperti apa caranya? langsung saja simak ulasan berikut ini.

Banyak jalan terbuka untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang kaliam inginkan, khususnya pada tahun 2021 ini. Salah satunya, adalah dengan meningkatkan suatu potensi diri. Jika kalian sedang mencari sebuah pekerjaan atau untuk sekadar mau meningkatkan kompetensi dalam hal kerja, pemerintah Indonesia telah menawarkan sebuah Program Kartu Prakerja.

Program ini akan meliputi tentang pelatihan kerja serta bantuan dana secara insentif dimana akan kalian dapatkan setelah kalian menyelesaikan suatu pelatihan tersebut. Kalian hanya perlu untuk mendaftar, mengikuti seleksi serta memilih sebuah pelatihan bersama salah satu Mitra Platform Digital dimana sesuai dengan kebutuhan kalian.

Pada semester kesatu th 2021, pemerintah telah dapat mengalokasikan dana sebesar Rp 10 triliun dimana untuk mendanai sekitar 2,7 juta orang sebagai partisipan Kartu Prakerja. Pendaftaran untuk program ini akan dibuka dengan cara bertahap dengan besaran kuota sebanyak 600,000 partisipan untuk tiap gelombang.

Baca Juga: Cara Membuat Goole Form Lewat HP dan Laptop

Apa itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja ialah suatu program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja, baik karena terkena suatu dampak PHK maupun bagi yang masih bekerja akan tetapi masih ingin mengikuti pelatihan. Pekerja yang dimaksud adalah bukan hanya sebagai karyawan kantoran tetapi meliputi pula buruh, dan penggerak usaha mikro ataupun kecil.

Merespon dampak dari pandemi, untuk kali ini sasaran Program Kartu Prakerja akan memprioritaskan pekerja dan buruh yang di-PHK, serta para pelaku usaha mikro ataupun kecil yang terdampak soal penghidupannya akibat pandemi. Meskipun kalian tidak juga termasuk kelompok tersebut, kalian tetap dibolehkan serta dianjurkan agar mencoba mendaftar.

Manfaat apa yang diberikan Kartu Prakerja?

Berikut adalah 3 manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam program ini:

  1. Pelatihan

Ada sebanyak 154 lembaga pelatihan dimana telah menawarkan sekitar 1,700 pelatihan pada program ini. Bisa dibayangkan betapa banyak jumlah variasi ilmu yang kalian bisa asah di sini. Pelatihan yang mereka ditawarkan berbentuk daring, hasil kerja sama para Mitra Platform Digital dimana bisa kalian pilih sendiri.

  1. Sertifikat

Setelah kalian menyelesaikan pelatihan dimana yang sudah kalian pilih, kalian akan mendapatkan sebuah sertifikat resmi yang dikeluarkan Program Kartu Prakerja. Sertifikat ini akan berlaku selayaknya seperti sertifikat pelatihan umumnya sehingga bisa kalian lampirkan di CV ataupun profil pencarian kerja. Tentu ini akan jadi suatu nilai tambah pada saat perekrut menyeleksi pada lamaran kerjamu.

  1. Insentif

Setelah mengikuti program pelatihan pertama, kalian berhak mendapatkan sebuah insentif atau sebuah bantuan dana. Ada dua macam insentif yang akan diberikan di sini. Pertama, insentif untuk biaya mencari kerja dimana akan diberikan tiap bulan sebesar Rp 600 ribu kurun waktu 4 bulan. Kedua, insentif untuk pengisian survei sebesar Rp 50,000 tiap survei. Seluruh insentif akan dicairkan melalui sebuah rekening bank/e-wallet yang kalian lampirkan serta berhasil melalui sebuah validasi sistem.

Apa syarat daftar Kartu Prakerja?

Berikut persyaratan untuk dapat mendaftar pada program ini:

  1. WNI
  2. Minimal bertusia 18 tahun
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  4. Dalam satu buah Kartu Keluarga (KK) jumlah maksimal 2 NIK untuk mendaftar
  5. Bukan sebagai Pejabat Negara, DPR, ASN, TNI, POLRI, Kades serta perangkat desa, pekerja BUMN, atau BUMD.

Baca Juga: Cara Membobol Wifi Terbukti Berhasil

Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja?

Seluruh alur untuk pendaftaran dilakukan dengan cara daring sehingga akan memudahkan siapapun dalam mendaftar. Berikut alurnya:

  1. Daftar akun

Untuk mendaftar silahkan kunjungi https://www.prakerja.go.id serta buat akun. Kalian akan diminta data diri, foto asli KTP, serta nomor HP. Sesudahnya, kalian akan dikirimi sebuah kode OTP dimana untuk verifikasi suatu nomor HP dimana akan kalian gunakan.

  1. Tes motivasi serta kemampuan dasar

Tes ini sifatnya wajib jika kalian ingin memperoleh semua manfaat pada Kartu Prakerja. Pastikan kalian menyiapkan kertas serta pensil ataupun pulpen sebelum mengikuti tes. Biasanya tes ini hanya menguji tentang kompetensi dasar dimana paling lama akan memakan waktu sekitar 25 menit.

  1. Pilih pelatihan

Jika kalian lulus seleksi, kalian akan mendapatkan sebuah pagu/saldo dimana untuk “membeli” sebuah slot pada pelatihan kerja dimana yang kalian inginkan lewat marketplace yang telah bekerja sama dengan program Kartu Prakerja

  1. Ikuti pelatihan sampai habis

Ikuti dan selesaikan seluruh pelatihan kerja yang dimana telah kalian pilih. Akan sangat disayangkan jika kalian tidak menyelesaikan seluruh pelatihannya. Selain karena akan rugi kesempatan emas dalam meningkatkan kompetensi, kalian juga akan kehilangan sebuah kesempatan untuk mendapatkan sertifikat serta insentif.

Program ini telah dioperasikan oleh suatu Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja yang berada di bawah Kemenko Bidang Perekonomian RI. Sehingga, kalian tidak perlu merasa khawatir akan keamanan serta keandalan program ini. Setelah kalian mengikuti serta mendapatkan sertifikat, jangan lupa untuk kalian cantumkan pada CV dan lamaranmu.

Demikianlah cara daftar kartu prakerja lewat HP dengan mudah dan simple.

Cara Daftar Kartu Prakerja Lewat HP
Cara Daftar Kartu Prakerja Lewat HP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *