Instagram Marketing: Pengertian dan Tutorial di Olshop

Instagram Marketing merupakan suatu keahlian yang dipakai dalam mencari uang dari internet yang wajib dikuasai oleh pelaku usaha pada zaman yang serba online sekarang ini. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial mengenai cara instagram marketing yang mudah dilakukan supaya dapat menghasilkan uang melalui internet.

Mengapa harus menggunakan Instagram? Mengapa tidak menggunakan aplikasi yang lainnya saja? Jawabannya karena Instagram merupakan media sosial yang memiliki pertumbuhan pengguna paling cepat saat ini dan mempunyai engagement rate pengunjung yang paling tinggi, serta telah membantu banyak brand untuk bertumbuh dan juga berkembang.

Selain itu, IG juga merupakan salah satu platform yang media sosial yang paling cocok digunakan untuk usaha kecil yang memiliki modal terbatas, sumber daya yang sedikit, serta belum memiliki pengalaman yang banyak untuk mencari uang secara online.

Pengertian Instagram Marketing

Instagram (IG) merupakan media sosial yang meny

ediakan platform bagi penggunanya untuk membagikan foto dan video secara gratis.

Sedangkan Instagram Marketing merupakan sebuah cara yang dilakukan dengan memanfaatkan Instagram untuk melakukan kegiatan marketing yang optimal, baik itu digunakan untuk kepentingan bisnis online, pribadi, personal branding, ataupun sosial kemasyarakatan.

Indonesia merupakan negara yang sebagian besar masyarakatnya sangat suka dengan penyampaian pesan yang dilakukan secara visual.

Maka dari itu, jumlah pengguna IG di Indonesia saat ini telah mencapai lebih dari 100 juta dan tumbuh sangat cepat diantara negara-negara lainnya.

Sehingga Anda dapat memanfaatkan IG untuk melakukan aktivitas promosi secara visual dan lebih efektif tentunya.

Alasan IG Cocok untuk Usaha Kecil

Terdapat beberapa alasan yang mendasari bagi pengusaha kecil yang baru saja memulai bisnis dan ingin mendapatkan penghasilan dari internet, IG sangat cocok digunakan sebagai platform untuk melakukan promosi dan berjualan, antara lain:

  1. Instagram merupakan platform media sosial yang paling hitz di Indonesia sekarang ini. Jumlah pemakai aplikasi ini tumbuh sangat cepat dan sangat terkenal terutama di kalangan milineal (hampir semua anak milenial memiliki akun IG), serta merupakan sebuah platform visual yang berbentuk foto dan video yang cocok untuk masyarakat Indonesia yang lebih menyukai visual daripada membaca.
  2. Instagram tidak berbayar alias gratis. Tidak ada biaya yang diperlukan ketika akan bergabung dengan platform media sosial ini. Yang Anda perlukan hanya smartphone dan juga paket data supaya dapat bergabung dan memiliki akun IG.
  3. Membuat dan mengatur IG sangat mudah dilakukan. Anda semua pasti dapat membuat akun di IG karena caranya yang sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus.
  4. Instagram terhubung dengan Facebook serta mungkin nanti akan terintegrasi juga dengan Whatsapp. Kita semua telah mengetahui bahwa IG merupakan miliki Facebook dan keduanya saling terintegrasi. Apabila Anda melakukan promosi di salah satu platform maka akan terhubung juga ke platform lainnya. Jadi, promosi marketing akan dapat menjadi lebih efekti dan efisien.

Oleh karena itu, Anda sebagai penguasa kecil seharusnya tidak memiliki alasan lagi untuk tidak mencoba dan juga memanfaatkan IG sebagai alat promosi dan berjualan produk. Selain itu juga sebagai salah satu cara memperoleh penghasilan dari internet.

Supaya promosi dapat berhasil, maka Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang Instagram Marketing agar pemasaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Tutorial Instagram Marketing

Medium Instagram mempunyai karakter, cara kerja, serta fitur yang berbeda dari media lainnya. Oleh karena itu Anda perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai cara kerja dari platform ini.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menggunakan akun bisnis pada Instagram. Akun bisnis ini mempunyai banyak fitur untuk melakukan tracking. Selain itu juga mempunya tools analytic yang dapat digunakan untuk melakukan analisa followers serta dapat memantau kinerja dari bisnis Anda secara online pada media sosial ini.

Pastikan dan cek kembali apakah IG bio sudah mencantumkan secara jelas siapa Anda serta informasi penting lainnya yang berkaitan, misalnya seperti website, alamat, dan nomor kontak (apabila dibutuhkan). Selain itu, yang tidak kalah pentingnya yaitu Call To Action.

Agar produk yang dimiliki dapat menjangkau lebih banyak pengguna Instagram, maka Anda juga perlu memahami cara kerja Algo Instagram.

Algoritma Instagram

Algorita sesungguhnya menjadi “otak” penting yang bekerja di belakang Instagram dengan bisnis yang Anda miliki.

Terdapat tiga (3) kunci Algoritma IG yang perlu Anda mengerti, antara lain:

  1. Engagement

Semakin banyak jumlah orang yang berinteraksi dengan memposting IG dengan cara memberi komentar, like, dan share makan postingan Anda akan memiliki ranking yang lebih baik pada beranda IG.

  1. Speed of Engagement

Semakin banyak interaksi baik terjadi, namun semakin cepat juga interaksi terjadi, hal ini ditunjukkan oleh berapa banyak komentar, like, dan juga share, maka akan lebih baik lagi tentunya.

  1. Recency

Postingan yang terbaru akan terlihat lebih baik dimata algoritma IG jika dibandingkan dengan postingan lama. Sehingga membuat postingan baru akan lebih mudah untuk dilihat.

Dengan Anda mengerti tentang algoritma tersebut maka akan semakin mengerti juga hal-hal yang harus dijadikan sebagai prioritas dan harus dikerjakan pada strategi pemasaran melalui IG.

Lalu, bagaimanakah cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan engagement pengunjung akun IG Anda? Caranya yaitu melalui beberapa cara posting di bawah ini:

  1. Buatlah kontes ataupun kuiz campaign pada post dengan hadiah tertentu yang menarik. Namun ada syarat yang diberikan misal pengunjung harus memberi komentar, like, ataupun share.
  2. Membuat pertanyaan yang lucu pada post IG saat posting, sehingga nantinya pengunjung akan terpicu untuk memberikan komentarnya.
  3. Melakukan posting saat jam online yang ramai pengunjung pada akun Anda tersebut. Informasi ini dapat Anda peroleh dari hasil analityc pada IG dan dapat digunakan secara gratis untuk akun bisnis.
  4. Menjawab komentar-komentar dari pengunjung yang ada di postingan ataupun Direct Message IG. Hal ini perlu dilakukan tujuannya untuk membangun percakapan dengan pengikut Anda.

Cara Menambah Followers

Cara promosi yang paling efektif adalah dengan menambah jumlah pengikut atau followers di IG. Semakin banyak pengikut maka semakin besar pula kemungkinan promosi akan memiliki jangkauan yang lebih jauh lagi. Caranya dapat dilakuakn dengan melalui:

  1. Posting konten yang berkualitas secara rutin
  2. Menggunakan hashtag
  3. Jangan privat akun
  4. Memberi caption yang menarik

Baca Juga: Tips Usaha Rumahan

Instagram Marketing: Pengertian dan Tutorial di Olshop
Instagram Marketing: Pengertian dan Tutorial di Olshop

Penutup

Instagram Marketing merupakan sebuah cara komunika di zaman millenials sekarang ini. Jika, Anda dapat menguasai keterampilan ini, maka dapat dengan mudah memperoleh penghasilan dengan cepat melalui internet, khusunya bagi usaha kecil yang memiliki banyak keterbatasan pada sumber daya.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan bahwa jangan pernah takut untuk mencoba dan melakukan eksperimen. Karena melalui mencobalah, Anda dapat memperoleh hasil serta bisa belajar mana cara yang bekerja dan cara yang tidak bekerja. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Artikel tentang instagram marketing dari PartnerBisnismu wajib kalian coba untuk meningkatkan penjualan di Online Shop kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *