PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Koperasi Simpan Pinjam: Pengertian dan Syarat

KreditQ merupakan koperasi simpan pinjam yang dilakukan secara online. Ini adalah salah satu bentuk upaya dari koperasi dalam menawarkan pinjaman dana tunai yang tidak menggunakan jaminan dan bisa langsung cair melalui aplikasi online.

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang belum mengetahui bahwa pinjaman koperasi telah masuk kep pinjaman online. Selama ini, platform yang kita tahu hanya aplikasi online P2P Lending saja.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai koperasi simpan pinjam yang dilakukan melalui online dan tanpa jaminan. Langsung disimak saja ulasan singkat di bawah ini.

Apa itu Koperasi?

Koperasi merupakan sebuah bentuk badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan ataupun badan hukum Koperasi, yang mempunyai pemisahaan kekayaan dari para anggotanya yang dijadikan sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang juga memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya yang disesuaikan dengan nilai dan prinsip Koperasi yang berlaku.

Koperasi ini berjalan dengan berdasar pada asas kekeluargaan, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya khususnya dan juga masyarakat pada umumnya.

Syarat untuk pendirian Koperasi ini yaitu didirikan oleh minimal dua puluh (20) orang perseorangan. Selain itu juga memisahkan sebagian kekayaan yang dimiliki pendirinya ataupun anggotanya untuk dijadikan modal awal Koperasi. Jadi, anggota koperasi ini adalah pemilik sekaligus pengguna jasa Koperasi.

Baca Juga: Bunga Pinjaman Bank BRI 

Pengertian KreditQ

KreditQ merupakan pinjaman koperasi yang tidak menggunakan jaminan, berasal dari Koperasi Simpan Pinjam – Sahabat Mitra Sejati (KSP – SMS) yang bisa diajukan melalui smartphone. Koperasi pinjaman tanpa menggunakan jaminan ini dilakukan melalui online.

Proses pengajuan pinjamannya melalui aplikasi KreditQ dan verifikasinya memerlukan waktu 24 jam kerja. Aplikasi pinjaman online ini telah beroperasi sejak 2009 dan mendapat dukungan dari Bank Sampoerna dan Sampoerna Strategic Group.

Jika dilihat secara legalitasnya Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati ini memiliki kedudukan di Jakarta dan merupakan koperasi simpan pinjam yang memiliki ijin nasional serta didirikan berdasar akta pendirian yang telah disahkan oleh Mentri Negara Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI.

Melalui latar belakang dan juga dukungan back-upnya, dapat diperkirakan bahwa KreditQ ini merupakan pinjaman koperasi yang terpercaya yang berasal dari lembagai koperasi simpan pinjam terpercaya juga.

Pinjaman pada Koperasi ini akan diberikan ke anggotanya. Oleh karena itu, supaya dapat meminjam di Koperasi, calon peminjam harus menjadi anggota Koperasi terlebih dahulu.

Kewajiban anggota yaitu membayarkan iuran simpanan wajib kepada koperasi. Kemudian anggota koperasi akan mendapat beberapa hak di bawah ini:

  1. Mempunyai hak suara. dikarenak pada koperasi diberlakukan prinsip dari anggota untuk anggota.
  2. Mempunyai hak dalam pembagian SHU keuntungan yang diperoleh koperasi pada akhir tahun.

Produk KreditQ

Pada aplikasi KreditQ menyediakan tawaran dua macam pinjaman pribadi dengan koperasi, dan pinjaman uang tunai tanpa menggunakan jaminan di koperasi, yakni:

  1. Dana talangan. Plafon yang ditawarkan sebesar Rp 1 juta, tenor selama 15 hari dan 30 hari.
  2. Plafon yang ditawarkan sebesar Rp 100 juta dengan tenor selama 3 bulan hingga 6 bulan.

Kedua jenis pinjaman ini merupakan dan tunai yang tidak menggunakan jaminan. Pinjaman dana talangan pribadi ini dilakukan melalui badan hukum Koperasi.

Namun, pada saat pengajuan pertama kalinya, calon peminjam hanya dapat mengajukan pinjaman dana talangan pribadi maksimal sebesar Rp 1 juta saja.

Selain itu, calon peminjam juga belum dapat mengajukan pinjaman cicilan. Karena pinjaman cicilan baru akan diberikan bagi nasabah yang sebelumnya telah mengambil dana talangan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa pinjaman cicilan KreditQ ini hanya akan diberikan kepada nasabah yang melakukan repeat atau eksisting. Bagi nasabah baru hanya dapat mengambil dana talangan saja dengan pagu pinjaman yang lebih kecil.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik

Syarat Pinjaman Koperasi

Apa saja syarat yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman uang tunai tanpa jaminan melalui koperasi? Dan bagaimana pula cara meminjam uang di koperasi simpan pinjam?

Pinjaman dana talangan pribadi melalui KreditQ ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang telah tersedia dan dapat didownload pada Google Playstore. Calon peminjam, tidak dapat mengajukan pinjaman melalui situs ataupun website.

Kemudian KreditQ akan menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuni saat melakukan pengajuan pinjaman. Jadi, sebaiknya bagi calon peminjam pastikan terlebih dahulu apakah dapat memenuhi persyaratannya atau tidak guna menghindari penolakan pada pengajuan kredit.

Syarat yang harus dipenuhi saat pinjam uang di koperasi simpan pinjam, antara lain:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Telah berusia minimal 21 tahun ataupun 18 tahun telah menikah, dan usia maksimalnya yakni 55 tahun pada saat pinjaman jatuh tempo.
  3. Mempunyai e-KTP dan juga NPWP.
  4. Mempunyai usia kerja minimal selama 6 bulan (catatan: apabila status karyawannya masih kontrak, maka wajib memberikan informasi kapan masa kontrak kerja berakhir).
  5. Memberikan Slip Gaji karyawan atau SKU (Surat Keterangan Usaha) bagi wirausahawan.
  6. Memiliki penghasilan minimal per bulannya sebesar Rp 2.5 juta (net / take home pay).
  7. Bisa menggunakan HP Smartphone Android
  8. Memiliki status tempat tinggal milik sendiri / orang tua / keluarga. Apabila tempat tinggal pemohon berbeda dari yang ada pada alamat KTP, akan diperbolehkan. Bagi status rumah sewa bulanan juga diperbolehkan apabila lama tinggalnya telah lebih dari satu (1) tahun.
  9. Jenis usaha yang dilarang yakni usaha ilegal, yang dimana usaha tersebut tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undanganan yang ada di Indonesia.

Bunga Pinjaman Koperasi KreditQ

Simulasi : pada aplikasi KreditQ menampilkan rincian pinjaman sebesar Rp 1 juta:

  • Tenor selama 15 hari, plafon sebesar Rp 1 juta, pencairan sebesar Rp 894.000 dan pengembalian sebesar RP 1.060.000
  • Tenor selama 30 hari, plafon sebesar Rp 1 juta, pencairan sebesar Rp 894.000, dan pengembalian sebesar Rp 1.1 juta

Melalui perhitungan plafon pinjaman sebesar Rp 1 juta tadi, bunganya yakni 23.04% bagi tenor 30 hari dan bunga 18.57% bagi tenor 15 hari. Sehingga bunga per harinya menjadi sebesar 0.77% dan 1.24% bagi masing-masing tenor. Ini menunjukan bukan bunga yang murah.

Terlebih lagi ini merupakan koperasi yang seharusnya dapat memberikan manfaat bagi anggota koperasi. Dikarenakan Koperasi mempunyai prinsip dari anggota untuk anggota.

Koperasi Simpan Pinjam: Pengertian dan Syarat
Koperasi Simpan Pinjam: Pengertian dan Syarat

Penutup

KreditQ merupakan pinjaman koperasi yang tidak memerlukan jaminan dari kopersi online secara resmi. Cara meminjam uang melalui koperasi simpan pinjam ini berbeda dari umumnya.

KreditQ memberikan tawaran pinjaman koperasi secara online tanpa menggunakan jaminan dan dapat langsung cair dalam waktu 24 jam. Koperasi saat ini juga melayani pinjam uang tanpa jaminan. Proses pengajuan yang dilakukan melalui aplikasi pinjaman online, mudah, serta cepat yang merupakan kemajuan bagi koperasi.

Semoga artikel dari PartnerBisnismu ini bisa bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *