PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Jenis – Jenis Saham Serta Keuntungan dan Kerugian

Total Saham adalah termasuk salah satu investasi yang terbaik. Namun, sebelum melakukan investasi ini ada baiknya jika Anda pahami terlebih dahulu tentang pengertian saham, cara kerja saham, jenis saham dan alasan mengapa saham disebut sebagai investasi terbaik.

Baca Juga: Investasi

Apa itu Investasi Saham?

Di dalam Undang-Undang (UU) Perusahaan Terbatas Nomor 40 pengertian dari Perseroan Terbatas atau Perseroan yaitu badan hukum persekutuan modal yang didirikan berdasar pada perjanjian, kegiatan usaha dilakukan melalui modal dasar yang semuanya terbagi pada saham, serta memenuhi syarat yang telah ditetapkan dalam UU ini beserta peraturan pelaksanaanya.

Pengertian saham merupakan suatu bukti dari penyertaan modal yang dimiliki oleh seseorang ataupun badan usaha yang ada pada suatu perusahaan ataupun perseroan terbatas.

Melalui menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut akan mempunyai klaim atas penghasilan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, serta memiliki hak untuk menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Ada beberapa contoh saham yang terdaftar pada IDX yaitu Bank BCA, Unilever, HM Sampoerna, PT Telkom, dan sebagainya.

Hal yang Wajib di Pahami dari Saham

  1. Saham

Saham dalam pengertian singkatnya adalah tanda bukti kepemiliki pada suatu perusahaan. Oleh karena itulah saham termasuk surat berharga.

Jenis-Jenis Saham antara lain:

1. Saham biasa

Jenis saham ini, investor bisa melakukan klaim kepemilikan semua aktiva serta keuntungan yang dimiliki perusahaan. Sedangkan pemegang saham mempunyai kewajiban yang terbatas. Jika perusahaan mengalami pailit atau menghadapi resiko lainnya, maka kerugian maksimun yang ditanggug oleh investor hanya sebatas besaran investasi sahamnya pada perusahaan tersebut saja.

2. Saham preferen

Jenis saham yang kedua ini merupakan jenis saham yang menggabungkan obligasi atau surat hutang dengan saham biasa. Keuntungan yang bisa diperoleh yakni saham ini bisa memberikan penghasilan tetap seperti halnya bunga obligasi.

  1. Deviden

Sumber laba utama dari saham yakni deviden, yakni pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham.

Total jumlah deviden yang diterima pemegang saham tergantung pada:

  1. Jumlah porsi laba yang akan dibagi ke pemegang saham karena bisa saja perusahaan mengalami kerugian atau perusahaan mendapat keuntungan namun tidak membagi seluruh labanya sebagai deviden.
  2. Jumlah laba yang dibagi ke pemegang saham tergantung pada porsi kepemilikan saham pada perusahaan tersebut.

Terdapat 2 indikator yang sering digunakan ketika melakukan penilaian terhadap kualitas deviden perusahaan, yaitu:

  • Jumlah persenan yang dibagai sebagai deviden atau dividend payout.
  • Nilai deviden tiap saham dibagi dengan harga sahamnya atau dividend yield.
  1. Sumber Keuntungan

Deviden tidak hanya menjadi satu-satunya sumber keuntungan saham. Namun, sumber keuntungan lain bisa diperoleh dari kenaikan harga saham yang ada di bursa (selisih harga beli dan harga jual). Jumlah permintaan dan juga penawaran saham di bursa akan menentukan tingkat harga saham.

Deviden umumnya relatif kecil tetapi saham tidak perlu dijual untuk memperoleh deviden, jadi ini berarti bahwa di tahun berikutnya pemegang saham dapat terus menikmati deviden selama saham belum dijual.

Sedangkan untuk kenaikan harga umumnya akan memberik nilai laba yang lebih besar bila dibandingkan dengan deviden, tetapi perlu diingat juga bahwa Anda harus menjual saham tersebut terlebih dahulu. Jadi, Anda tidak dapat menikmati keuntungan selanjutnya lagi.

  1. Bursa Efek Indonesia

Pengertian dari BEI atau Bursa Efek Indonesia merupakan sebuah perusahaan penyedia infrastruktur untuk memberikan dukungan bagi terlaksananya perdagangan efek yang teratur dan wajar, serta efisien. Selain itu juga dapat dengan mudah diakses oleh semua pemangku kepentingan (stakeholders).

Pemilik BEI yaitu Anggota Bursa. Dan hal menarik lagi bahwa BEI bukanlah perusahaan yang memiliki orientasi untuk mencari untung ataupun profit, namun tujuan dari perusahaan ini adalah sebagai penyedia infrastruktur terbaik bagi perdagangan efek.

Hal penting yang perlu diketahui tentang BEI, antara lain:

  • BEI merupakan sumber informasi saham terbaik
  • Daftar perusahaan sekuritas resmi tersedia pada BEI dimana perdagangan saham hanya dapat dilaksanakan melalui perusahaan sekuritas resmi ini.
  • Menyediakan kursus saham gratis dalam bentuk sekolah pasar modal yang dapat dilaksanakan secara online dan offline
  1. Analisa Saham

Analisa saham sangat penting untuk dilakukan sehingga melalui analisa ini Anda dapat mengelola resiko investasi saham dengan baik dan bisa memperoleh keuntungan yang optimal. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu dengan baik sebelum melakukan pembelian saham.

Terdapat 2 jenis analisa saham, antara lain:

1. Analisa fundamental

Analisa fundamental merupakan analisa saham yang akan menentukan harga saham wajar berdasar pada analisa laporan keuangan perusahaan yang menggunakan berbagai macam rasio keuangan.

2. Analisa teknikal

Analisa ini digunakan untuk menentukan trend harga saham di masa yang akan datang berdasar pada pola pergerakan harga saham di masa yang lalu.

  1. Mekanisme Perdagangan Saham

Ketentuan perdagangan yang berlaku pada bursa yaitu dengan menggunakan mekanisme perdagangan melalui lelang yang berkelanjutan secara anonym dengan metode yang digunakan yaitu pembentukan harga berdasar pada prioritas harga dan juga prioritas waktu.

1. Prioritas harga

Permintaan beli di harga yang lebih tinggi akan memiliki prioritas bagi permintaan beli di harga yang lebih rendah. Sedangkan penawaran jual di harga lebih rendah akan memiliki prioritas bagi penawaran jual di harga lebih tinggi.

2. Prioritas waktu

Jika penawaran jual ataupun permintaan pembelian diajukan di harga yang sama, maka sistem Bursa akan memberikan prioritas bagi permintaan beli ataupun penawaran jual yang telah diajukan terlebih dahulu.

  1. Diversifikasi

Diversifikasi merupakan kunci penting ketika melakukan investasi saham. Yang bisa dilakukan untuk pengelolaan resiko pada investasi saham adalah dengan tidak menempatkan investasi pada satu ataupun dua saham saja, melainkan membaginya atau mendiversifikasikan ke berbagai saham.

Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya ketika suatu saat nanti harga saham anjlok, maka Anda masih memiliki kekuatan untuk bertahan karena tidak semua investasi saham Anda anjlok.

Strategi diversifikasi yang terkenal salah satu contohnya yaitu dengan membeli index fund, yaitu membeli semua saham sesuai dengan boot yang ada pada index, sehingga keuntungan akan mengikuti keuntungan index.

  1. Perlindungan Investor Saham

Untuk meningkatkan keamanan pada saat melakukan investasi di pasar modal Indonesia, maka setiap asset investornya akan diberikan perlindungan khusus melalui pembentukan Dana Perlindungan Pemodal yang dilakukan oleh Indonesia Securities Investor Protection Fund (SIPF).

Indonesia SIPF merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan program Dana Perlindungan Pemodal dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Namun, untuk dapat memperoleh perlindungan pemodal, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang diberikan.

Baca Juga: Tabungan Haji

Jenis - Jenis Saham Serta Keuntungan dan Kerugian
Jenis – Jenis Saham Serta Keuntungan dan Kerugian

Kesimpulan

Saham adalah instrument investasi yang penting dan akan memberikan potensi keuntungan yang tinggi serta likuiditas untuk investor. Akan tetapi, jumlah investor saham di Indonesia masih sedikit. Ini dikarenakan masih kurangnya literasi saham di masyarakat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda tentang saham dan juga hal-hal yang terkait lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *