Bunga Pinjaman Bank BRI ( Bank Rakyat Indonesia )

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan bank yang tertua di Indonesia, usianya telah lebih dari 100 tahun. BRI juga adalah bank yang terbesar di Indonesia, sehingga sangat wajar apabila bank ini mengembangkan banyak produk kredit yang dapat melayani berbagai segmen masyarakat yaitu Bunga Pinjaman Bank BRI.

Selain itu, Bank BRI telah menjadi bank yang memiliki asset terbesar dan profit yang tertinggi di Indonesia. Bahkan bisa mengalahkan Bank Mandiri yang selama beberapa tahun belakangan berada di posisi teratas.

Pencapaian yang diraih BRI lumayan menarik karena selama ini dikenal dengan bank pedesaan, yang melayani sektor usaha mikro dan UMKM bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Hal tersebut berbanding dengan jumlah cabang dan unit milik BRI yang terbanyak dan terbesar di seluruh Indonesia.

Pada kenyataannya BRI dapat bertumbuh serta menjadi yang paling besar justru dikarenakan adanya sokongan dari segmen usaha pinjaman mikro UMKM tersebut yang memberikan profit margin terbesar dan yang paling tahan dengan krisis ekonomi.

BunganPinjaman Bank BRI

Pada beberapa tahun ini, BRI nampaknya terus melebarkan sayapnya, dan mulai masuk ke sektor ritel konsumen serta menawarkan kredit konsumsi untuk berbagai macam tujuan.

Namun tidak hanya itu saja, bahkan bank ini juga telah mulai menyediakan pinjaman online lebih cepat daripada bank BUMN lainnya yang dikenal dengan nama Bunga Pinjaman Bank BRI.

Melalui kejadian BRI masuk ke fintech ini merupakan kabar baik bagi nasabahnya, karena selama ini fintech pinjaman online sudah banyak ditawarkan oleh P2P dan juga perusahaan start-up.

Tentunya, kita sebagai nasabah, memiliki rasa penasaran dan juga ingin melihat bagaimana produk pinjaman fintech ini ditawarkan oleh bank, terlebih lagi oleh bank yang seberas BRI ini.

Produk Pinjaman BRI

  1. KUR

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu jenis kredit yang ditawarkan oleh Bank BRI kepada masyarakat yang akan memulai usahanya, yakni Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja dengan maximum plafon kredit hingga Rp 500 juta.

Program KUR ini ditujukan bagi masyarakat yang memiliki keinginna untuk melaksanakan usaha mikro atau usaha kecil yang mempunyai bisnis produktif.

Kelebihan yang dimiliki oleh KUR apabila dibandingkan dengan pinjaman modal yaitu, tidak memerlukan jaminan, bunga sangat terjangkau karena mendapat subsidi dari pemerintah, sangat mendukung pengusaha mikro dan kecil yang baru saja mulai merintis bisnis (misal usaha baru saja berjalan selama 6 bulan sudah dapat mengajukan KUR).

KUR yang tawarkan yaitu:

  1. Mikro : memiliki plafon pinjaman hingga Rp 25 juta per debitur
  2. Ritel : minimal plafon Rp 25 juta hingga maksimum Rp 500 juta per debitur
  3. TKI : kredit ini diberikan untuk membiayai keberangkatan TKI yang akan pergi ke luar negeri untuk bekerja.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik

  1. KPR

Pembiayaan properti merupakan fasilitas pinjaman yang ditawarkan oleh bank ini bagi kepemilikikan rumah dan apartemen.

KPR pada BRI mewajibkan untuk memberikan uang muka minimal sebesar 10% dan jangka waktu pinjamannya maksimum selama 20 tahun bagi tujuan pembelian rumah baru, bekas, top up, refinancing, pembangunan, renovasi, serta take over / take over top up dari bank lain.

Selain itu, Bank BRI juga membantu pemerintah menjadi penyalur kredit KPR bersubsidi bagi perumahan yang pinjamannya memperoleh subsidi bunga serta uang muka dari pemerintah yang didasarkan pada beberapa kriteria.

KPR yang bersubsidi akan memberi bunga subsidi fixed sebesar 5% per tahunnya hingga masa pinjaman selesai dengan tenor yang diberikan paling lama yakni 20 tahun.

  1. KTA

KTA merupakan sebuah pinjaman dana tunai cicilan yang tidak menggunakan agunan bagi konsumen BRI, yang terdiri dari beberapa macam produk.

Program KTA pada BRI disebut juga dengan BRIGuna, kredit multiguna, yang mempunyai jumlah kredit hingga Rp 101,32 triliun pada tahun 2019, dan meningkat 3,61% jika dibandingkan dengan tahun 2018 sebesar Rp 97,78 triliun.

Dapat kita lihat bahwa KTA ini merupakan produk yang terkenal karena besarnya nilai pinjaman yagn telah diberikan.

Macam-macam Produk Briguna, yaitu:

Briguna Karya

Ditujukan bagi pegawai yang masih aktif hingga masa persiapan pensiun.

Briguna Umum (Pra Purna)

Ditujukan bagi tenor kredit mulai dari pegawai aktif hingga pensiun dengan tenor maksimum 15 tahun.

Briguna Putra

Ditujukan bagi pensiunan hingga maksimum usia 75 tahun.

  1. Kartu Kredit

Kartu Kredit BRI merupakan salah satu kartu kredit yang mempunyai jaringan paling luas di Indonesia. melalui terlihat dari banyaknya kartu yang diterbitkan, BRI terus memiliki upaya untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya yang berbagai macam.

Beberapa program yang ada pada kartu BRI, yakni:

  • Kartu Kredit Pemerintah ditujukan bagi Satuan Kerja Luar Negeri dan APBD
  • Corporate card ditujukan bagi distributor financing
  • Co Branding Traveloka Pay Latter : program Affinity Card atau Goes To University dan program Syariah Card
  • Cicilan dengan bunga 0% melalui program Bring
  • Loan on Phone (LOP) merupakan pinjaman uang tunai melalui telepon dari limit kartu kredit
  1. KKB

KKB merupakan sebuah jenis kredit kendaraan bermotor yang ditawarkan oleh BRI bagi yang ingin memiliki kendaraan.

Pinjaman KKB pada BRI ini telah mencapai Rp 4,14 triliun pada tahun 2019, dan meningkat sebesar 12,70% jika dibandingkan dengan tahun 2018 yaitu sebesar Rp 3,67 triliun

Terdapat dua pilihan kredit kendaraan yang  ditawarkan, yakni:

  1. Mobil baru dan bekas
  2. Refinancing

Syarat pengajuan gadai BPKP pada Bank BRI:

  • Mengisikan formulir melalui aplikasi KKB BRI
  • WNI
  • Membuka rekening BRItama
  • Memiliki usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Debitu memiliki lokasi tempat tinggal / lokasi bekerja / lokasi usaha / lokasi praktek pada kota dimana Kantor Cabang BRI berada
  • Melampirkan dokumen foto copy KTP, fotocopy KK, NPWP, pas foto suami/istri terbaru, surat keterangan gaji, dan lain sebagainya
  1. BRI Ceria Pinjaman Online

BRI Ceria merupakan sebuah aplikasi pinjaman online fintech yang dapat digunakan untuk belanja secara online melalui berbagai merchant. Memiliki keunggulan yaitu tidak memerlukan syarat kartu kredit untuk mengajukannya.

Fitur yang dimiliki antara lain:

  1. Mempunyai limit pinjaman mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta
  2. Tenor pinjaman yang ditawarkan mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan

Untuk dapat memakai produk ini, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Ceria melalui Playstore dan kemudian dapat mengajukan pinjaman secara online.

Manfaat yang dapat diperoleh:

  1. Pengajuan secara online
  2. Proses pengajuannya mudah
  3. Tidak memerlukan persyaratan kartu kredit
  4. Bunga murah

Baca Juga: Daftar Sekuritas Terbaik Indonesia 2021

Bunga Pinjaman Bank BRI ( Bank Rakyat Indonesia )

Penutup

Bank BRI merupakan bank yang paling besar di Indonesia dan menyediakan berbagai tawaran produk pinjaman yang ditujukan pada banyak segmen masyarakat.

Dengan hadirnya pinjaman Bank BRI ini bagus bagi masyarakat karena menjadi memiliki banyak pilihan pembiayaan bagi berbagai kebutuhan serta tujuan keuangan.

Demikianlah yang bisa PartnerBisnimu sampaikan seputar Bunga Pinjaman Bank BRI, semoga bermanfaat untuk kalian semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *