PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Proposal Bisnis Plan, Cara Membuatnya dengan Lengkap

Proposal Bisnis Plan, Cara Membuatnya dengan Lengkap

Proposal bisnis plan merupakan salah satu dokumen yang dibuat untuk mengembangkan sebuah usaha. Di dalamnya terdapat semua rincian usaha mulai dari latar belakang hingga sumber modal yang dibutuhkan.

Seperti yang sudah diketahui, banyak orang ingin mendirikan sebuah usaha sendiri. Sayangnya, modal jadi kendala banyak orang ketika ingin memulainya. Di sini, peran proposal tersebut jadi semakin penting.

Proposal ini jadi alat untuk meyakinkan orang lain sehingga mau ikut menyertakan modal. Tentu, semua rincian harus ditulis secara lengkap. Lalu, seperti apa saja cara membuat proposal tersebut?

Cara Membuat Proposal Bisnis Plan

Sebenarnya, untuk membuat proposal tidak terlalu sulit. Ambil saja contoh dalam kasus usaha kedai kopi. Berikut ini contoh proposal yang nantinya perlu kamu buat.

  1. Latar belakang

Hal pertama dalam proposal tersebut adalah latar belakang. beberapa orang menyebut bagian ini sebagai Executive Summary. Isinya adalah alasan detail mengapa kamu ingin mendirikan bisnis tersebut.

Beberapa orang juga menyertakan tinjauan pustaka untuk mendukung alasan tersebut. misalnya berapa banyak produksi kopi tahunan di daerah yang ingin kamu bangun bisnis kopi tersebut.

  1. Visi Misi

Beberapa investor sering melihat keseriusan calon pebisnis dari visi misi mereka. Visi sendiri adalah tujuan jangka panjang dari bisnis kamu. Sedangkan misi merupakan cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam kasus pendirian bisnis kedai kopi, kamu dapat menggunakan contoh visi “Menciptakan kedai kopi yang dapat menjadi tempat bertemu banyak orang”. Kamu juga dapat memilih visi misi lainnya.

  1. Gambaran Bisnis

Hal ini juga berkaitan erat dengan setuju tidaknya calon investor memberikan modal. Gambaran bisnis berisi apa-apa saja yang berkaitan dengan produk. Misalnya adalah deskripsi lengkap tentang produk yang dijual.

Contohnya, “Bisnis kedai kopi “istimewa” menjual kopi latte sebagai menu andalan”. Kamu dapat menyesuaikan dengan produk yang kamu bangun. Jadi, pastikan deskripsinya jelas dan mudah dipahami calon investor.

  1. Rencana Usaha

Di bagian proposal bisnis plan ini, ada hampir semua strategi yang kamu butuhkan dalam menjalankan bisnis. Pada bagian ini, kamu perlu menjelaskan langkah persiapan, strategi pemasaran, hingga target modal yang dibutuhkan.

  • Persiapan

Pada bagian ini, kamu perlu menjelaskan dari mana bahan baku dalam pembuatan bisnis tersebut. Hal ini juga termasuk bagaimana pengelolaannya, hingga seperti apa target pasar kamu.

  • Strategi pemasaran

Bagian ini dapat menjelaskan cara apa yang kamu pakai untuk mempromosikan bisnis kamu. Di dalamnya juga lengkap segmen pasar apa bisnis kamu, targetnya siapa, hingga nilai keunggulan bisnis tersebut.

  • Rencana anggaran

Dalam rencana anggaran, kamu perlu menuliskan detail lengkap harga. Misalnya saja berapa harga sewa ruko, harga pembelian bahan baku, harga biaya operasi, hingga biaya lainnya.

  • Estimasi pendapatan

Hal ini penting untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk balik modal. Misalnya, total pengeluaran adalah 100 juta dan pendapatan bulanan 5 juta. Maka dibutuhkan waktu 20 bulan.

  • Sumber anggaran

Sumber anggaran juga penting dimasukan. Isinya adalah berapa modal yang telah terkumpul, berapa target modalnya, dan berapa target modal dari investor. Catat dengan baik supaya tidak salah melakukan perhitungan.

  • Struktur

Calon investor biasanya juga melihat siapa saja yang bergabung dalam rencana bisnis tersebut. Siapa yang jadi ketuanya tentu memberikan andil besar, terutama tentang caranya memimpin bisnis.

  1. Penutup

Di bagian terakhir tentu adalah penutup. Pada bagian ini biasanya ditulis tentang harapan dan segala bentuk ucapan terimakasih. Ini juga jadi salah satu hal yang sering dilihat oleh calon investor.

Proposal ini memang sangat penting untuk menjalin relasi dan mendapatkan modal tambahan. Meski begitu, proposal bisnis plan ini harus kamu buat dengan baik supaya meyakinkan calon investor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *