PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Kredit Tanah: Pengertian dan Jenisnya

Apakah Anda ingin membeli tanah namun belum memiliki uang? Ataukah Anda ingin berinvestasi properti tanah namun belum memiliki uang? Anda dapat memanfaatkan kredit tanah pada bank.

Terdapat 4 macam kredit pemilikan tanah atau disingkat dengan KPT yang dapat Anda manfaatkan untuk pembelian tanah kavling. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini. Kami akan memberikan informasi mengenai cara mengajukan kredit pembelian tanah, banyak penyedia kredit tanah, serta tips untuk membeli tanah secara kredit.

Property adalah salah satu investasi yang dapat Anda pilih. Jika membeli property agar langsung dapat Anda tempati, maka rumah merupakan opsi yang bisa Anda pilih karena tidak akan perlu repot lagi. Setelah membeli rumah tersebut, lalu dapat langsung menempatinya. Anda tidak perlu memikirkan lagi mengenai proses desain dan pembangunannya. Karena pembangunan rumah memerlukan waktu, biaya, tenaga, dan pikiran yang tidak kecil.

Kecuali memang Anda memiliki keinginan untuk membangun rumah impian dengan desain sendiri. Maka Anda terlebih dahulu perlu membeli tanah.

Tidak hanya itu saja, apabila akan membeli property untuk berinvestasi, Anda dapat membeli tanah kavling. Tanah kavling ini dapat Anda jadikan pilihan karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Anda tidak usah mengeluarkan dana untuk pemeliharaan. Rumah memerlukan pemeliharaan dan perawatan dengan dana yang tidak kecil untuk tiap tahunnya. Bagi Anda yang telah memiliki rumah, pasti mengerti bahwa tiap tahun tentu ada saja pengeluaran untuk memelihara dan merawat rumah.
  2. Berdasarkan pendapat sejumlah agen property yang telah kami ajak untuk berdiskusi, kenaikan untuk harga property yang paling besar yaitu dari kenaikan harga tanah daripada rumah. Sekedar informasi saja, bahwa developer tentu menikmati margin paling besar dari tanah tersebut.
  3. Bagi Anda yang merantau dan memiliki keinginan untuk kembali ke kampung halaman jika pensiun, sebaiknya mulailah kredit tanah dari sekarang. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa harga tanah setiap tahunnya terus meningkat.

Jika Anda membeli tanahnya ketika sudah pensiun, maka harga tanah tentu telah melambung lebih tinggi. Serta luas tanah yang ingin Anda miliki juga menjadi terbatas.

Investasi tanah dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Namun, masalah selanjutnya yaitu dananya berasal dari mana supaya bisa membeli tanah. Salah satu solusinya yakni Anda dapat melakukan kredit tanah.

Kredit Tanah

Selama ini kita telah mengetahui bahwa bank menyediakan kredit KPR untuk pembelian rumah. Lalu bagaimana dengan kredit pembelian tanah kavling?

Kami telah melaksanakan survey dan bertanya kepada beberap bank mengenai kredit pembelian tanah ini. Kami juga menanyakan pilihan sumber untuk pembiayaan pembelian tanah ini.

Baca Juga: Gadai BPKB Mobil: Rekomendasi dan Tipsnya

1. Kredit Pemilikan Tanah (KPT)

Bank memberikan tawaran kredit pemilikan tanah atau KPT. Kredit ini akan memberi pembiayaan ke nasabah untuk melakukan pembelian tanah.

Umumnya, bank akan memberi KPT sebesar 70% hingga 80% dari nilai appraisal bank atas tanah. Contohnya, hasil appraisal bank atas tanah yakni Rp 100 juta, maka bank hanya akan memberikan kredit maksimal Rp 70 juta (apabila 70% pembiayaannya).

Yang harus Anda perhatikan yaitu beberapa syarat bank pada kredit pemilikan tanah mengenai kondisi serta status tanah, antara lain:

  • Tanah harus bersertifikat SHM (Hak Milik)
  • Lokasi tanah berada di perumahan
  • Tanah harus telah dibangung pada jangka waktu tertentu
  • Tenor pinjaman dari kredti tanah pendek, maksimal selama 5 tahun

2. Kredit Multiguna

Kredit Multiguna ini tidak memberikan batasan tentang tujuan dari penggunaan dana kredit. Anda dapat memakainya untuk maksud dan tujuan apapun, termasuk untuk membeli tanah.

Namun, kredit multiguna ini harus ada jaminannya. Jadi, ketika Anda mengajukan kredit multiguna, maka Anda juga harus menyerahkan agunan ke bank sebagai persyaratannya.

Jenis dari jaminan tersebut dapat berupa property rumah, tanah, kendaraan, ataupun asset yang lainnya. Bank akan melakukan penilaian jaminan memakai proses appraisal. Kemudian hasil dari penilaian tersebut akan dipakai bank dalam penentuan nilai kredit yang dapat bank berikan.

Terdapat beberapa kredit multiguna yang dapat Anda jadikan pilihan ketika hendak membeli tanah. Misalnya seperti Kredit Multiguna BCA dengan bunga yang bersaing, Multiguna Bank BNI, Mandiri, dan lainnya.

3. Kredit Tanpa Jaminan

Masalah yang sering terjadi pada kredit adalah tidak memiliki jaminan. Solusi bagi Anda yang tidak memiliki jaminan adalah dengan mengambil KTA (Kredit Tanpa Agunan).

KTA terkenal dengan bunga yang tinggi dan plafon yang rendah. Sehingga banyak orang menanggap kredit ini tidak cocok dipakai untuk kredit pembelian tanah.

Namun, jangan khawatir karena sekarang kredit KTA telah memiliki bunga yang bersaing serta plafon yang besar. Tidak hanya itu saja tenor pinjamannya pun panjang. Contohnya yaitu KTA Mandiri.

Ada beberapa fitur  menarik yang KTA Mandiri miliki, yakni:

  • Plafon pinjaman hingga Rp 1 Miliar.
  • Tenor pinjaman hingga 15 tahun.
  • Bunga sebesar 0.50% hingga 0.54% flat setiap bulan.

Akan tetapi, terdapat syarat apabila Anda ingin mengambil KTA Mandiri. Syarat tersebut yaitu Anda harus melakukan payroll pada Bank Mandiri.  Selain itu, Gaji Anda juga harus di bayarkan melalui Bank Mandiri.

Apabila KTA Mandiri mendapat persetujuan, maka pembayaran angsurannya dapat dilakukan dengan cara memotong gaji atau istilah lainnya auto-debet Bank Mandiri.

4. Kredit Refinancing KPR

Refinancing KPR di lakukan oleh bank melalui penilaian ulang atas nilai rumah dan tanah. Dana dari pinjaman hasil refinancing ini dapat Anda pakai untuk melakukan pembelian tanah. Refinancing akan membebaskan tujuan dari pengambilan dana.

Berikut beberapa keuntungan dari kredit kepemilikan tanah lewat refinancing KPR:

  • Tidak memerlukan jaminan tambahan. Dapat memanfaatkan jaminan yang telah tersedia.
  • Besarnya bunga mengikuti bunga KPR yang tergolong cukup murah daripada bunga Kredit Multiguna apalagi bunga KTA yang cukup tinggi.
  • Proses pencairan dana lebih cepat karena proses pengajuannya melalui bank yang sama. Dimana bank tersebut telah mempunyai track-record Anda.

Akan tetapi, yang perlu Anda ingat pada refinancing yaitu penambahan tenor pinjaman. Apabila sebelumnya pinjaman KPR akan lunas dalam waktu 5 tahun lagi, maka melalui refinancing KPR, tenor akan semakin panjang. Contohnya seperti tenor bertambah 10 tahun lagi agar dapat mengcover tambahan pinjaman yang baru.

Baca Juga: Developer Perumahan: Tips Memilih yang Terpercaya

Kredit Tanah: Pengertian dan Jenisnya
Kredit Tanah: Pengertian dan Jenisnya

Penutup

Memiliki keinginan untuk membeli tanah namun belum punya dana? Terdapat beberapa pilihan kredit pembelian tanah yang dapat Anda ambil.

Masing-masing dari pilihan untuk membeli tanah tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Anda dapat memilih pilihan kredit pemilikan tanah (KPT) yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Namun, yang pasti apabila ingin memiliki tanah, jangan pernah khawatir tidak punya dana untuk membeli tanah tersebut. Karena terdapat berbagai sumber untuk pembiayaan yang dapat Anda manfaatkan.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang kredit tanah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *