PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Hutang Kartu Kredit Tidak Dibayar, Solusinya!

Dalam kehidupan, tentu ada kalanya kita akan khilaf. Salah satunya yakni gaya hidup yang lebih besar daripada pendapatan. Peribahasanya lebih besar pasak dari pada tiang. Yang ujung-ujungnya akan membuat hutang kartu kredit tidak dibayar atau menunggak.

Hutang kartu kredit yang setiap bulannya mengalami pembengkakan ini tentu bunganya juga semakin mencekik. Belum lagi, debt collector yang terus datang untuk menagih. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena ada solusinya.

Hutang Kartu Kredit Tidak Dibayar

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Cara Melunasi Kartu Kredit Macet

Pertama. Anda harus memahami bahwa bunga seerta denda pada kartu kredit itu sangat tinggi apabila kita bandingkan dengan pinjaman yang lainnya. Oleh karena itu, semua usaha harus kita lakukan untuk segera melunasi pada waktu yang sesingkat mungkin. Yang menjadi masalah adalah masih banyak orang yang  belum paham betul mengenai hal tersebut.

Pada saat mempunyai uang, hanya sebagian saja yang di pakai untuk membayar hutang kartu kredit. Yang sebagiannya lagi di tempatkan untuk investasi. Bahkan lebih parahnya  lagi sebagian uang tersebut untuk konsumsi.

Sehingga, hutang kartu kredit pun akan terus ada. Dan kita juga harus terus melakukan pembayaran bunga yang tinggi tersebut. Bunga pada kartu kredit biasanya sangat tinggi.

Pada saat ini bunga kredit kurang lebih sebesar 3 persen tiap bulan. Misalkan return investasi yang paling tinggi datang dari saham sebesar 25 persen per tahun. Hal itu berarti, tunggakan kartu kredit hanya memerlukan waktu 8 bulan hingga 9 bulan untuk menggerus keuntungan dari investasi.

Akan sangat percuma, apabila memiliki investasi namun ujung-ujungnya uang habis karena di pakai untuk pembayaran hutang. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika berhenti menabung dulu dan juga mengendalikan konsumsi. Lalu uang yang Anda miliki dapat di pakai untuk pelunasan hutang kartu kredit hingga tuntas.

Baca Juga: Cara Melunasi Hutang yang Semakin Menumpuk

Tidak Mampu Bayar Kartu Kredit, Jangan Pakai

Sebaiknya Anda menghentikan pemakaian kartu kredit, apabila merasa tidak sanggup untuk membayar tagihannya hingga lunas.

Karena akan sia-sia ketika berusaha untuk melunasi hutang yang lama, namun hutang baru tetap muncul terus.

Hal tersebut sama saja dengan memakai ember yang bocor. Tidak sedikit orang yang sibuk atau berusaha untuk mencari jalan keluar atas hutang yang semakin menumpuk. Namun, di sisi lain juga tetap saja memakai kartu kredit dengan tidak dapat membayar tagihannya secara lunas.

Jika tidak dapat berhenti untuk membuat hutang, ini berarti terdapat masalah pada pola hidup konsumsi. Dan masalah inilah yang harus Anda perbaiki.

Umumnya, akar dari masalah bukan pada bagian keuangannya. Akan tetapi, pada gaya hidup ata life stylenya, gengsi, serta kedewasaan. Untuk mencari jalan keluar atas masalah ini, maka yang di butuhkan adalah psikolog, bukan ahli keuangan.

Tagihan Kartu Kredit Dijadikan Sebagai Cicilan

Apabila hutang tidak dapat Anda lunasi sekaligus, maka langkah yang dapat Anda lakukan yakni dengan mengurangi tinggi beban bunga pada kartu kredit.

Caranya yaitu melalui mengubah tunggakan kartu kredit menjadi angsuran atau cicilan tetap dalam jangka waktu tertentu.

Hal tersebut karena bunga angsuran tetap akan jauh lebih murah jika kita bandingkan dengan bunga pada kartu kredit.

Pada saat ini terdapat bank yang menyediakan bunga angsuran tetap sebesar 0.99 persen tiap bulannya. Bunga tersebut jauh di bawah bunga kredit yang sebesar 3 persen tiap bulannya.

Akan tetapi, mungkin Anda muncul pertanyaan. Apabila di ubah menjadi angsuran tetap, jangka waktu untuk pelunasan menjadi panjang. Ini berbeda dengan hutang pada kartu kredit yang dapat kita lunasi kapan pun. Namun, Anda jangan merasa khawatir.

Sekarang ini, pada sebagian besar skema angsurang akan tetap dapat kita lunasi kapan pun, sebelum jangka waktu yang telah kita sepakati dulu.

Ini berarti, apabila mendadak memiliki rejeki atau memperoleh bonus, maka hutang angsuran tetap akan dapat Anda selesaikan.

Pembayaran yang pelunasannya lebih cepat dari waktu tempo seharusnya akan di kenakan denda sebesar Rp 200 ribu. Jumlah tersebut tentu terbilang lebih kecil daripada biaya pada bunga kartu kredit.

Cara Melunasi Kartu Kredit Tanpa Bayar

Cara berikutnya yakni memindahkan tagihan ke bank lainnya yang menyediakan tawaran bunga yang lebih rendah, atau biasa disebut dengan skema balance transfer.

Karena melalui bunga yang lebih murah, maka pembayarannya pun akan menjadi lebih ringan dan dapat terselesaikan dengan lebih cepat.

Tujuan dari Balance transfer ini sebetulnya merupakan upaya yang cepat bagi penerbit untuk meng-karbitkan portofolio pinjaman kartu kreditnya. Agar dapat terlihat tumbuh dan memiliki kinerja yang baik.

Jadi, sudah tentu ada bank yang memberikan tawaran tersebut. Kita hanya perlu pandai-pandai untuk melihat peluang ketika bank sedang memberikan tawaran.

Pemutihan Hutang Kartu Kredit

Apabila Anda sudah menggunakan semua cara di atas namun tidak juga dapat mengurangi hutang, jalan keluar terakhir yang paling tidak kami sarankan yakni melakukan pengajuan  restrukturisasi hutang.

Restrukturisasi ini biasanya di laksanakan oleh bank dengan memberi potongan bunga ataupun potongan pada pokok hutang. Akan tetapi, ada persyaratan yang berlaku yakni tunggakan hutang tersebut harus lunas.

Ini merupakan jalan tengah. Yang mana bank akan memperoleh pengembalian daripada hilang  sama sekali. Sedangkan nasabah akan memperoleh diskon tunggakan.

Hal yang perlu Anda ingat sebelum mengambil langkah restrukturisasi ini yaitu:

  1. Restrukturisasi di berikan oleh bank setelah bank melakukan evaluasi pada kondisi nasabah yang mereka anggap layak untuk menerima.
  2. Pada saat mengikuti program ini, maka nasabah namanya akan tercatat selamanya pada sistem debitur Bank Indonesia atau SID. Mereka akan tercatat sebagai nasabah yang di restrukturisasi. Nah, bank biasanya tidak akan memberi kredit pada nasabah yang pernah di restrukturisasi ini.

Sehingga, sebelum Anda mau untuk di restrukturisasi, sebaiknya pikirkan lagi bagaimana ke depannya. Apabila tetap ingin mengambil kredit melalui bank, sebaiknya Anda tidak memilih restrukturisasi ini.

Baca Juga: Gojek PayLater: Pengertian dan Tips Penggunaannya

Implikasi Hutang Kartu Kredit Tidak Dibayar

Apa implikasi dari hutang kartu kredit tidak dibayar? Salah satunya yakni laporan status Kolektibilitas pada SID Bank Indonesia atau SLIK OJK. Hal ini akan mempengaruhi apabila Anda akan melakukan pengajuan kredit lagi di Indonesia.

Pengertian laporan Kolektibilitas:

  • Kolektibilitas Lancar: Kondisi tagihan KK di bayar dengan jumlah yang memenuhi atau bahkan lebih dari jumlah tagihan minimal secara tepat waktu.
  • Kolektibilitas Dalam Perhatian Khusus: Kondisi tagihan KK belum di bayar antara 1 hingga 90 hari kalender setelah melewati tanggal jatuh tempo.
  • Laporan Kolektibilitas Kurang Lancar: Kondisi tagihan KK yang tetap belum terbayar antara 91 hari hingga 120 hari setelah melewati tanggal jatuh tempo.
  • Kolektibilitas Diragukan: Kondisi tagihan yang mana KK belum di bayar antara 121 hari hingga 180 hari setelah melewati tanggal jatuh tempo.
Hutang Kartu Kredit Tidak Dibayar, Solusinya!
Hutang Kartu Kredit Tidak Dibayar, Solusinya!

Penutup

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang hutang kartu kredit tidak dibayar. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *