PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Gojek PayLater: Pengertian dan Tips Penggunaannya

Gojek PayLater merupakan suatu metode pembayaran pada aplikasi Gojek yang memberi tenor pinjaman dan bunga 0% tanpa memerlukan kartu kredit. Namun, tetap tersedia limit bagi setiap penggunanya. Yuk simak penjelasan di bawah ini supaya lebih dapat mengerti tentang PayLater dari Gojek ini.

Gojek saat ini termasuk sebagai salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat perkotaan. Sebagian besar orang menggunakan layanan ini untuk berbagai segi kehidupan.

Baru-baru ini, Gojek merilis fitur PayLater yang dapat memberi alternatif lain dalam melakukan pembayaran melalui kredit bagi pengguna.

Dahulu, Gojek hanya menerima metode pembayaran menggunakan kas tunai atau GoPay. Namun, sekarang Gojek menyediakan metode pembayaran secara kredit, yakni PayLater.

Apa itu Gojek PayLater?

PayLater merupakan sebuah metode pembayaran terbaru yang ada pada Gojek bagi pemesanan GoFood, GoSend, GoRide, GoPulsa, GoBills, dan GoTix.

Yang harus Anda perhatikan yakni bahwa metode pembayaran melalui memakai PayLater hanya terbatas pada layanan yang sudah kami sebutkan tadi.

Gojek Pay Later merupakan pinjaman bersama, melalui perusahaan yang bernama “Findaya”. Perusahaan Findaya merupakan Penyelenggara Pinjaman P2P Terdaftar pada OJK Indonesia.

Baca Juga: OVO PayLater: Cara Daftar dan Proses Pembayaran

Cara Daftar Gojek PayLater

Berikut dua hal penting yang perlu di perhatikan:

1. Undangan Pengguna

Tidak semua pemakai Gojek secara otomatis akan memperoleh PayLater pada aplikasi yang pengguna miliki.

Gojek akan memberi undangan PayLater ke pengguna yang terpilih saja. Jadi, hanya pengguna yang terpilih saja yang bisa memperoleh undangan ini.

Anda dapat mengecek pada aplikasi Gojek di ponsel, apakah sudah mempunyai fasilitas pinjaman ini atau belum.

Bagi yang ada, maka akan muncuk fitur Pay Later pada aplikasi ini. Sedangkan jika belum, Anda harus menunggu hingga menerima undangan PayLater tersebut.

Gojek belum pernah memberi penjelasan mengenai kriteria pengguna yang bisa memperoleh PayLater.

Namun, menurut dugaan saya, GoPay akan menentukan berdasar pada:

  • Adanya KTP atau tidak. Karena KTP merupakan syarat penting dalam pengajuan pinjaman di P2P.
  • Kegiatan transaksi pada Gojek dan GoPay. Seberapa sering dan seberapa besar pembayaran menggunakan GoPay, menjadi dua data penting untuk menentukan kemampuan bayar pengguna atas pinjaman yang mereka ambil.

Namun, untuk kriteria yang lebih pasti mengenai pengguna yang memperoleh PayLater, tentu hanya pihak GoPay yang mengetahuinya.

2. Limit PayLater

Bagi pengguna yang memperoleh fasilitas ini, layanan pinjaman dari Gojek ini akan memberikan limit kredit.

Jadi, Gojek telah menentukan jumlah maksimum dari pembiayaan untuk Anda melalui fasilitas ini.

Anda tidak dapat memakai PayLater melebihi limit yang telah Gojek tentukan.

Bagi Anda yang pernah memakai kartu kredit mungkin dapat Anda lihat bahwa cara kerja dari PayLater ini mirip dengan kartu kredit.

Fitur Pada PayLater

Gojek memberikan beberapa fitur baru yang ada pada layanan pinjaman ini, antara lain:

1. Tidak Perlu Mendafar. Fitur Ini Undangan

PayLater dapat langsung Anda peroleh di aplikasi Gojek tanpa harus mengisi formulir terlebih dahulu. Namun, ini hanya khusus bagi Anda yang terpilih. Gojek memilih pengguna yang akan memperoleh fitur layanan pinjaman ini.

2. Dapat Dipakai Kapan Saja dan Di Mana Saja

Memiliki PayLater, Anda dapat melakukan pemesanan di berbagai layanan yang tersedia pada aplikasi Gojek kapan saja dan di mana saja. Sehingga, Anda tidak perlu repot lagi.

PayLater sudah menyatu pada aplikasi Gojek. Jadi, Anda dapat langsung menggunakannya sebagai salah satu cara pembayaran bagi pembayaran tagihan pada saat ini.

3. Bayar Dalam Satu Tagihan

Tagihan Gojek PayLater ini berada dalam satu tagihan. Jika Anda ingin memesan pada beberapa layanan, maka tagihannya akan menjadi satu di akhir bulan. Anda hanya perlu satu kali dalam mengisi saldo untuk membayar seluruh transaksi.

Cara Pakai Gojek PayLater

Berikut ini tutorial pemakaian PayLater:

  1. Melakukan aktivasi PayLater. Caranya klik pada “Lainnya” yang terdapat pada menu GoPay. Kemudian tekan PayLater, selanjutnya aktifkan agar Anda bisa memakainya.
  2. Memilih PayLater untuk metode pembayaran. Caranya lakukan pemesanan pada layanan Gojek yang Anda inginkan. Kemudian pilihlah PayLater sebelum melakukan konfirmasi pesanan Anda.
  3. Mengecek riwayat transaksi PayLater. Caranya dengan klik “Transaksi” pada halaman PayLater. Gunanya untuk melihat rincian dari transaksi PayLater Anda.
  4. Melakukan pembayaran pada akhir bulan. Caranya dengan klik “Bayar Tagihan” yang ada pada halaman PayLater untuk melunasi tagihan PayLater Anda.

Tips Menggunakan PayLater

1. Bijak Dalam Menggunakan

Meskipun mudah dan bunga 0% di awal, namun Gojek PayLater tersebut merupakan pinjaman online tanpa menggunakan kartu kredit.

Karena hal ini pinjaman, maka Anda juga harus membayar atau melunasinya. Jadi, alangkah baiknya jika Anda memakai PayLater secara bijak.

2. Jangan Memasang “Default” PayLater

Anda dapat mengatur “Default” bagi PayLater dalam metode pembayaran GoPay. Melalui mengatur default ini, maka tiap kali Anda melakukan transaksi pada Gojek, metode pembayarannya yaitu PayLater.

Yang menjadi masalah yaitu tidak jarang pengguna yang secara tidak sadar telah memakai PayLater untuk metode pembayarannya. Karena pengguna memasang default bagi PayLater. Sehingga ketika tagihan datang, pengguna tersebut akan merasa kaget karena merasa tidak pernah berhutang.

Jadi kami menyarankan supaya Anda jangan mengatur setelan default PayLater ini.

Baca Juga: Cara Melunasi Hutang yang Semakin Menumpuk

3. Bunga dan Biaya Langganan Tinggi

Gojek menetapkan bunga sebesar Rp 2 ribu per harinya pada jumlah pinjaman Anda. Walaupun kelihatannya kecil, namun sebetulnya jumlah tersebut adalah jumlah yang besar dalam presentase bunga.

Selain itu, Anda juga harus melakukan perhitungan terhadap biaya langganan setiap bulan yang mencapai Rp 25 ribu.

Misalnya Anda mempunyai limit sebesar Rp 500 ribu. Maka biaya langganan sebesar Rp 25 rb itu memiliki arti 5% per bulan di luar biaya bunga.

4. Hati-Hati Dalam Membeli Kebutuhan Yang Tidak Perlu

Melalui kemudahan yang PayLater berikan, Anda juga perlu memiliki sikap yang berhati-hati. Jangan sampai Anda meningkatkan konsumsi yang sebenarnya tidak di perlukan. Yang dahulu tidak di butuhkan sekarang menjadi Anda beli karena ada iming-iming bayar nanti menggunakan PayLater.

Menurut pendapat Grant Thornton, organisasi global terkemuka yang memberikan jasa assurance, tax, dan advisory, PayLater memiliki resiko. Salah satu dari resiko tersebut yakni meningkatnya perilaku yang konsumtif berlebihan tanpa kita sadari. Kemudahan dalam membeli sekarang bayar nanti ini memberikan dorongan secara impulsive bagi keputusan pembelian. Dan seringkali jatuhnya justru ke barang barang yang sebenarnya tidak perlu.

Gojek PayLater: Pengertian dan Tips Penggunaannya
Gojek PayLater: Pengertian dan Tips Penggunaannya

Penutup

Hadirnya PayLater sebagai alternatif lain untuk melakukan pembayaran pada Gojek, selain memakai tunai dan GoPay. PayLater tentu memberi kemudahan untuk pengguna, terutama pada fitur bunga 0% selama pembayaran lunas di masa tenor pinjaman.

Akan tetapi, seperti halnya di fasilitas pinjaman yang lainnya, semurah apapun bunganya pengguna juga harus sangat berhati-hati. Tujuannya supaya tetap dapat mengelola keuangan secara sehat.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang Gojek PayLater. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *