Go Mobile: Mobile Banking by CIMB Niaga

Go Mobile OCTO merupakan sebuah layana berupa aplikasi digital M-Banking milik Bank CIMB Niaga. Berbagai fitur menarik yang ada di dalamnya layak untuk Anda pertimbangkan dan coba.

Seiring dengan majunya teknologi internet, pemakaian aplikasi mobile banking juga kian maju dan banyak orang pakai. Aplikasi GoMobile dari CIMB Niaga ini bisa Anda pakai untuk berbagai macam kebutuhan transaksi perbankan.

Tentunya terdapat juga keunggulan dan kelemahan pada aplikasi ini. Perlu Anda ketahui bahwa CIMB Niaga telah mengubah nama Go Mobile menjadi OCTO Mobile.

Cara Pendaftaran Registrasi Go Mobile

Pembukaan GoMobile di dahului melalui pembukaan rekening tabungan, yang saat ini dapat Anda buka secara online tanpa perlu pergi ke kantor cabang lagi.

Download OCTO Mobile

Syarat untuk mengunduh OCTO Mobile yakni harus memiliki e-KTP dan NPWP, serti melakukan pengisian formulir pembukaan rekening online. Selain itu, nomor HP juga harus terdaftar di data nasabah (CIF) CIMB Niaga bagi pendaftaran lewat OCTO Mobile.

  • Melakukan konfirmasi nomor HP Anda pada database nasabah CIMB. Apabila Anda memakai nomor HP yang berbeda, harap mengunjungi cabang atau Digital Lounge CIMB Niaga yang terdekat. Tujuannya adalah untuk melakukan pembaharuan data.
  • Mengunduh aplikasi “OCTO Mobile. By CIMB Niaga” melalui Google Play Store ataupun Apple App Store.

Setelah memiliki rekening tabungan, Anda akan langsung dapat mengakses GoMobile CIMB Niaga ini.

Cara Login Go Mobile

CIMB Niaga memberik dua opsi cara login, yakni:

  • User ID dan Password. Anda menuliskan keduanya ketika akan memakai GoMobile ini.
  • Scan Sidik Jari. Apabila smartphone Anda dapat menyimpan sidik jari, maka GoMobile menyediakan cara login yang kedua ini.

Baca Juga: Permata Mobile: Fitur-Fitur Yang Dimiliki

Fitur Go Mobile CIMB Niaga

Beberapa fitur mobile banking yang CIMB Niaga GoMobile ini tawarkan, antara lain:

1. M-Banking Rekening Satu App

Nasabah dapat melihat seluruh banking relationship dengan Bank CIMB Niaga di dalam satu tempat yaitu pada fitur “Rekening Saya”. Misalnya seperti melihat rekening tabungan, kartu kredit, investas, deposito, dan lain sebagainya.

Semua tersedia pada 1 aplikasi sehingga akan memudahkan monitoring rekening. Pemindahan dana antar rekening mudah dengan proses yang seamless antar rekening.

2. Cara Transfer GoMobile

Beberapa fitur yang terkait dengan layanan transfer pada OCTO Mobile, antara lain:

  • Transfer Realtime
  • Transfer Kliring
  • RTGS
  • Transfer in bulk atau transfer massal untuk transfer ke banyak pihak dalam waktu yang bersamaan
  • Rekening Favorit Transfer untuk transfer secara rutin dan berkala ke rekening tujuan yang sama
  • Transfer Luar Negeri secara online

3. Tarik Tunai Tanpa ATM

Nasabah dapat melakukan tarik tunai ataupun setor tunai di ATM, memakai fasilitas transaksi tanpai menggunakan kartu pada GoMobile. Cukup dengan masuk ke aplikasi mobile banking, kemudian klik Transaksi Tanpa Kartu.

GoMobile akan memberikan kode untuk tarik tunai atau setor tunai. Kemudian nasabah pergi ke ATM CIMB Niaga terdekat dan pilih transaksi tanpa kartu yang tercantum pada layar mesin ATM.

4. Pengisian Ulang E-Money

Pada aplikasi OCTO Mobile ini juga tersedia fasilitas untuk isi ulang e-Money seperti OVO, Gopay, dan LinkAja. Top up melalui GoMobile CIMB Niaga ini lebih murah daripada melalui transfer rekening bank.

5. Investasi Reksadana Online

GoMobile memberikan fasilitas investasi melalui online, sehingga tidak perlu ke kantor cabang. Melalui aplikasi ini Anda dapat mendaftar, menjual, dan mengalihkan Reksadana bagi 69 jenis Reksadana.

Melalui tersedia banyak jenis Reksadana sehingga membuat Anda dapat memilih instrument investasi yang sesuai dengan kebutuhan serta tujuan investasi.

6. Tabungan Berjangka Rencana

Tabungan berjangka rencana merupakan jenis tabungan dengan bunga yang lebih tinggi dari biasanya. Serta memberi proteksi asuransi jiwa yang apabila nasabah meninggal maka bank akan melanjutkan setoran tabungan hingga jangka waktu tabungan berjangka tersebut selesai.

2 jenis tabungan berjangkan, yakni:

  • Tabungan Berjangka
  • Tabungan Berjangka Syariah

7. Kartu Kredit

2 layanan yang tersedia berkatian dengan kartu kredit:

  • Dapat memonitoring pemakaian kartu kredit secara rutin karena setiap transaksi akan tercatat secara realtime pada aplikasi ini.
  • Dapat juga mengajukan aplikasi kartu kredit melalui online dengan mengisikan formulir pengajuan kartu kredit yang tersedia di aplikasi ini.

8. VCN-Transaksi Online Tanpa Kartu Kredit

VCN atau Virtual Card Number merupakan sebuah cara untuk melakukan transaksi online tanpa menggunakan kartu kredit. Kelebihan dari VCN ini yakni lebih aman untuk nasabah pakai daripada menggunakan kartu kredit untuk transaksi di dunia nyata.

9. Buka Tabungan, Rekening Ponsel

Dahulu pembukaan rekening tabungan nasabah tentu harus dengan mendatangi kantor cabang dan pastinya akan menghabiskan banyak waktu untuk mengantri.

Melalui kemajuan Fintech, nasabah dapat melakukan proses pembukaan rekening hanya melalui aplikasi.

10. Bayar Tagihan

Anda dapat melakukan pembayaran tagihan telpon, kartu kredit, asuransi, listrik, TV kabel atau Internet, angsuran pinjaman, biaya pendidikan, tiket pesawat, dan lainnya.

Fitur untuk membayar tagihan pada aplikas GoMobile ini terdiri dari:

  • Pembayaran Terpadu
  • Tagihan Saya
  • Tagihan Terjadwal

11. QR Code (Bayar, Kirim, Terima Uang)

QR Code merupakan salah satu cara pembayaran terbaru pada perbankan. Bank Indonesia juga telah menggadang-gandang pemakaian QR Code ini pada semua jaringan perbankan.

GoMobile pun menyediakan fasilitas QR Code ini.

Berbagai transaksi yang dapat Anda lakukan dengan memakai QR Code, yakni:

  • Membayar belanja online melalui scan QR Code
  • Mengirim uang dengan membuat QR Code lalu di kirimkan ke pihak yang akan di kirim uang tersebut
  • Melakukan transfer uang dengan membuat QR Code kemudian mengirimkan ke pihan yangkaan melakukan transfer untuk memindai code tersebut

Baca Juga: Produk Perbankan Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Kelemahan Go Mobile CIMB Niaga

Berikut ini beberapa kelemahan yang OCTO Mobile miliki:

1. Rekening Tabungan Valas

Walaupun menyediakan fasilitas untuk transfer valas melalui online, namun pembukaan rekening valas belum dapat dilakukan secara online pada OCTO Mobile. Jadi, nasabah harus mendatangi kantor cabang terdekat guna mengurus pembukaan rekening valas.

2. Pinjaman KTA

Walaupun CIMB Niaga mempunyai layanan pinjaman KTA, namun proses pengajuan pinjaman tidak terintegrasi di dalam GoMobile. Sehingga, nasabah harus masuk ke situs yang berbeda guna melakukan pengajuan kredit KTA. Tidak dapat melalui aplikasi GoMobile.

3. Biaya-Biaya Tinggi

Apabila kita bandingkan dengan bank-bank lain yang juga mempromosikan aplikasi mobile banking, GoMobile ini masih lumayan mahal. Alasannya karena tidak terdapat gratis biaya, seperti transfer dan admin.

Sedangkan aplikasi mobile banking milik bank lain rajin mempromosikan seperti gratis biaya transfer, gratis biaya admin, dan yang lainnya.

Go Mobile: Mobile Banking by CIMB Niaga
Go Mobile: Mobile Banking by CIMB Niaga

Penutup

GoMobile OCTO CIMB Niaga memberikan tawaran beberapa fitur yang menarik bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan secara online melalui aplikasi.

Aplikasi dari bank Niaga ini memberikan fitur yang lumayan berbeda daripada transaksi online melalui web internet banking. Sehingga patut untuk Anda coba jika menginginkan akses perbankan yang lebih mudah.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang Go Mobile. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *