PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Contoh Bisnis Plan yang Paling Efektif untuk Anak Muda

Contoh Bisnis Plan yang Paling Efektif untuk Anak Muda

Berkembangnya jaman membuat contoh bisnis plan jadi semakin bervariasi. Dulu, bisnis hanya bergerak pada sektor industri saja. Namun, saat ini sudah ada sektor lain yang jadi titik fokus pengembangan usaha.

Rencana membangun usaha juga sudah jadi lebih terbuka di era modern. Generasi muda mulai memiliki keberanian membuka sebuah usaha sendiri. Beberapa diantaranya juga sudah membuat sebuah bisnis plan sendiri.

Untuk membangun usaha, bisnis plan dapat dipakai sebagai rujukan dan haluan. Memang, ini tidak harus dimiliki oleh setiap orang. Namun, dengan adanya bisnis plan maka kesempatan berkembangnya lebih terbuka.

Memahami Apa Itu Bisnis Plan

Bagi sebagian orang, istilah ini terdengar cukup asing. Sebenarnya, istilah ini sendiri sering dijumpai di jenjang pendidikan tinggi. Apalagi, banyak kompetisi yang telah diselenggarakan dengan istilah tersebut.

Bisnis plan sendiri dapat diartikan sebagai dokumen rencana bisnis. Di dalamnya terdapat semua hal yang berkaitan dengan rencana usaha tersebut. Misalnya mulai dari dasar, potensi, calon pasar, hingga bentuk usaha.

Bisa dikatakan bahwa dokumen ini merupakan blueprint dari usaha yang akan kamu bangun. Semua dasar-dasar usaha ada dalam dokumen tersebut. Selain itu, dokumen ini juga jadi rujukan untuk menjalankan usaha.

Cara Menyusun Dokumen Bisnis Plan

Karena dokumen ini adalah dasar dari pembangunan usaha, maka tidak dapat dibuat dengan sembarangan. Dokumen ini dirancang secara detail untuk meminimalisir kerugian. Berikut contoh bisnis plan dalam menyusun dokumen tersebut.

  1. Latar belakang

Dalam menyusun dokumen tersebut, latar belakang menjadi dasar mengapa kamu membangun usaha. Di dalamnya terdapat alasan spesifik mengapa kamu mau menjalankan bisnis ini, misalnya karena minat konsumen tinggi.

  1. Bentuk usaha

Setelah menjelaskan alasan spesifiknya, maka langkah kedua adalah merencanakan bentuk usahanya. Misalnya kopi yang cukup banyak ada di Indonesia. Bentuk usahanya bisa berupa kedai kopi atau usaha lainnya.

  1. Lokasi

Hal ini penting untuk mendukung perkembangan usaha tersebut. Misalnya di kawasan perkantoran, event mingguan, atau tempat lain. Usahakan untuk memilih kawasan yang memiliki prospek keuntungan jangka panjang.

  1. Rencana usaha

Dalam rencana usaha, kamu dapat menjelaskan bagaimana langkah awal mendirikan bisnis ini. Kamu dapat membuatnya jadi beberapa poin sekaligus atau mendeskripsikannya. Misalnya saja melakukan riset pasar berkaitan dengan pendirian usaha.

  1. Strategi pemasaran

Umumnya, strategi pemasaran jadi hal kunci ketika dipresentasikan. Di sini akan terlihat bagaimana metode kreatif untuk memperkenalkan produk usaha kepada calon konsumen. Jadi pastikan mengerti bagaimana cara menjalankan strategi pemasaran.

  1. Estimasi biaya

Ini merupakan rancangan berapa besar modal yang akan dibutuhkan pada fase awal bisnis. Sebagai contoh, biaya dapat dibagi dalam 2 kategori, yaitu biaya awal dan biaya operasional.

  1. Estimasi pendapatan

Selain estimasi biaya, kamu juga perlu melakukan perhitungan berapa potensi pendapatan dalam satuan minggu atau bulan. Hal ini penting untuk melihat berapa lama waktu untuk mengembalikan modal yang digunakan.

Contoh Bisnis Plan yang Sederhana

Untuk generasi muda, salah satu contoh rencana bisnis paling menjanjikan adalah membuka kedai kopi. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan masyarakat yang menjadikan kedai kopi sebagai tempat pertemuan.

Di sisi lain, kopi memang jadi salah satu minuman cukup populer. Dengan memberikan sentuhan inovasi, maka bisnis ini akan berkembang. Tentunya dengan perencanaan yang matang.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan rencana tersebut tidak terlalu besar. Namun, akan lebih baik jika kamu mendapatkan investor. Dengan begitu, menjalankannya tidak terlalu sulit.

Jika dilihat dari berbagai sisi, memiliki rencana bisnis memang lebih menjanjikan. Dokumen ini juga dapat dipakai untuk mencari sumber pendanaan dari luar. Terutama dengan menyertakan contoh bisnis plan yang menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *