Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Tanpa ATM

Mengirim uang merupakan kebutuhan semua orang di masa digital dan cashless sekarang ini. Sehingga, apabila terdapat layanan transfer tanpa biaya atau dengan biaya murah, sudah pasti akan sangat menarik. Setelah melakukan penelusuran pada layanan bank, fintech, dan e-commerce, kami menemukan beberapa cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM.

Sekarang ini kita telah mulai memasuki era 4.0, yang mana segala sesuatunya kita lakukan secara digital dan online. Bahkan transaksi tarik tunai pun saat ini perlahan berganti menjadi cashless.

Kelebihan dari cashless yakni transaksi menjadi lebih cepat, seamless dan online sehingga tidak kita tidak perlu tatap muka. Akan tetapi, cashless juga menimbulkan tambahan biaya bagi nasabah.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pembayaran tunai tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, pada transaksi cashless, kita harus membayarkan biaya transfer. Biaya tersebut bisa berupa fee transfer antar bank, biaya top-up, ataupun biaya isi ulang.

Biaya untuk sekali transfer antar bank yakni sebesar Rp 6.500. Jika misalnya kita melakukan transfer seminggu 2 kali, maka satu bulannya kita harus membayar Rp 52 ribu. Pastinya ada banyak orang yang melakukan transfer antar bank lebih dari 2 kali dalam seminggu.

Oleh karena itu, kami akan memberikan referensi layanan yang tidak memungut biaya transfer. Ataupun paling tidak biayanya lebih murah daripada Rp 6.500 yang berlaku sekarang.

Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Tanpa ATM

Kami menemukan ada 10 layanan yang tidak memungut biaya transfer ataupun biayanya lebih murah. Melalui kemajuan teknologi dan inovasi, saat ini kita dapat melakukan transfer uang ke rekening orang tanpa ATM. Bahkan ada juga yang tidak memerlukan rekening bank ketika melakukan transfer.

Berikut ini 10 cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM.

1. FLIP

FLIP menyediakan fasilitas transfer antar rekening bank melalui aplikasi di smartphone dan tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan tidak terdapat “Syarat dan Ketentuan Berlaku” untuk mendapat biaya yang gratis tersebut.

Jadi, kita dapat menghemat uang sebesar Rp 6.500 setiap kali melakukan transfer uang ke rekening bank lain lewat Flip ini. Anda dapat mendownload aplikasi Flip pada PlayStore ataupun melakukan transfer melalui situs resmi Flip.

2. OY! Indonesia

OY! Indonesia merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan layanan transfer antar bank secara gratis melalui HP.

OY memberikan tawaran gratis transfer hingga Rp 100 juta per hari dan dapat di lakukan ke lebih dari 100 bank.

Hal yang membedakan OY dan Flip yakni tentang verifikasi akun. Seluruh akun di OY wajib melakukan verifikasi online berapapun jumlah yang akan di transfer. Sedangkan Flip wajib melakukan verifikasi untuk transfer mulai dari Rp 500 ribu ke atas.

Baca Juga: Go Mobile: Mobile Banking by CIMB Niaga

3. Jenius BTPN

Jenius merupakan aplikasi mobile banking punya Bank BTPN. Aplikasi ini menawarkan gratis biaya transfer antar bank.

Pada saat 2 bulan pertama Anda bergabung, Jenius akan memberikan gratis biaya transfer antar bank melalui aplikasi hingga 25 kali. Selain itu, juga gratis taruk tunai di ATM Bersama/Prima hingga 25 kali.

Setelah 2 bulan pertama berlalu, Jenius tetap memberikan gratis biaya transfer, tetapi dengan melihat saldo rata-rata pada rekening tiap bulannya.

4. CIMB Niaga Tabungan “On Account”

Bank CIMB Niaga mempunyai tabungan “On Account”.

Rekening “On Account” tersebut memberi hingga 20 kali gratis biaya transfer antar bank. Dengan ketentuan apabila saldo rata-ratanya mulai dari Rp 1 juta dalam satu bulan.

Setelah 20 kali gratis tersebut, nasabah akan kembali terkena biaya transfer antar bank sebesar Rp 6.500 setiap kali transfer.

Apabila saldo rata-rata nasabah kurang dari Rp 1 juta dalam satu bulan, maka biaya transfernya sebesar Rp 17.500. Dan saldo mengendapnya minimal Rp 50 ribu.

5. Tabungan Digibank DBS

Digibank merupakan aplikas mobile banking milik Bank DBS yang memberikan biaya transfer berdasar pada saldo rata-rata bulanannya.

Digibank DBS ini memberikan diskon biaya transfer jadi Rp 3 ribu setiap kali transaksi (normalnya Rp 6.500). Diskon tersebut akan di berikan bagi saldo rata-rata di bawah Rp 1 juta.

Selain itu, juga tidak terdapat batasan maksimal untuk transfer dalam sebulannya bagi saldo rata-rata lebih dari Rp 1 juta.

6. Tabungan Bank Victoria

Bank Victoria merupakan salah satu bank yang berukuran menengah di Indonesia. Memiliki nama lengkap “PT Bank Victoria Internasional Tbk”. Mulai beroperasi pada tahun 1994 di Jakarta dan telah go-public di BEI pada tahun 1999.

Salah satu produk yang bank ini miliki yakni Tabungan Victoria. Produk tersebut menawarkan bebas biaya transfer bagi transfer pindah buku (overbooking), transfer online lewat jaringan prima dan transfer SKN. Apabila transfer tersebut dilakukan melalui internet banking dan mobile banking milik Bank Victoria.

7. Permata ME

Bank Permata mempunyai satu produk tabungan yakni Permata ME.

Permata ME ini menarik karena memberikan tawaran gratis biaya transfer ke bank manapun tanpa ada syarat saldo minimal tertentu. Namun, gratis biaya transfer tersebut akan nasabah dapatkan jika melakukan transfer secara online.

Nasabah dapat melakukannya melalui PermataNet atau Permata Mobile X. Jika transfer melalui ATM akan terkena biaya sebesar Rp 6.500.

8. DANA

DANA merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang terkenal di Indonesia. Salah satu fitur yang DANA miliki yakni transfer ke berbagai bank melalui aplikasi ini.

Hal yang menarik, sumber uang yang akan Anda transfer dapat berasal dari DANA itu sendiri. Selain itu juga bisa dari kartu kredit yang telah di daftarkan pada aplikasi DANA.

Untuk 10 kali transfer pertama Anda tidak akan terkena biaya transfer alias gratis. Namun, setelah itu Anda akan terkena biaya Rp 2.500 setiap kali transfer uang.

9. Bukalapak

Bukalapak merupakan sebuah e-commerce yang menyediakan fitur transfer uang ke berbagai bank di Indonesia tanpa perlu memiliki ATM dan rekening bank.

Biaya transfer uang lewat mitra Bukalapak ini akan terkena biaya sebesar Rp 6.600 per transaksi. Walaupun lumayan mahal, namun melalui cara ini orang yang tidak mempunyai rekening akan tetap dapat mengirim uang.

Baca Juga: Permata Mobile: Fitur-Fitur Yang Dimiliki

10. TrueMoney

True Money juga memberi pelayanan transfer uang tanpa harus memiliki rekening bank dan tanpa ATM.

TrueMoney merupakan aplikasi penyelenggara uang elektronik dan remitansi yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia.

Biaya transfer uang pada TrueMoney berdasarkan pada jumlah uang yang akan di kirim:

  • Rp 20.000 hingga Rp 1.000.000 = Rp 15.000
  • Rp 1.000.001 hingga Rp 5.000.000 = Rp 25.000

Biaya tersebut berlalku untuk setiap kali transfer uang.

Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Tanpa ATM
Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Tanpa ATM

Penutup

Terdapat 10 layanan yang menyediakan fasilitas transfer uang yang dapat Anda coba dan manfaatkkan. Masing-masing dari layanan tersebut memiliki fitur yang lain dari pada umumnya.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *