BTPN Jenius: Cara Daftar, Fitur, Kelemahan dan Keunggulan

BTPN Jenius merupakan kartu debit yang memiliki banyak fitur menarik dan juga inovatif. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai apa itu BTPN Jenius, fitur yang dimiliki hingga kelemahannya. Yuk langsung disimak saja ulasan di bawah ini.

Apa itu BTPN Jenius?

Jenius merupakan kartu debit yang dirilis oleh PT Bank BTPN Tbk dengan bentuk aplikasi pada smartphone. Sebagai aplikasi, kartu ini memberikan tawaran kepada penggunanya tentang kemudahan transaksi secara online, berbasis digital serta sasarannya kaum millineal.

Cara Daftar Jenius

Hal yang menariknya, jenius ini merupakan aplikasi pertama yang pembukaan rekeningnya dilakukan melalui online tanpa harus datang ke kantor cabang.

Berbeda dari pembukaan rekening melalui bank, pada Jenius ini Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Playstore, kemudian mengisikan data yagn diminta, mengunggah foto dan KTP dimana semua ini dilakukan melalui aplikasi Jenius.

Apabila proses telah selesai Anda ikuti, maka kemudian wajib untuk mengaktifkan kartu dengan cara mengunjungi salah satu boot Bank BTPN yang tersebar di mall-mall. Selain itu, juga dapat datang langsung ke kantor cabang BTPN terdekat.

Fitur BTPN Jenius

Aplikas kartu kredit ini memiliki beberapa fitur yang bermanfaat, antara lain:

  1. Tidak ada biaya admin dan minimum saldo

Jenius tidak mengenakan biaya, seperti biaya membuka rekening, biaya admin, biaya tutup rekening, dan tidak ada minimum rekening saldo.

Biaya transfer online Jenius hanya sebesar Rp 3000/transfer. Biaya ini lebih murah apabila dibandingkan dengan bank yang lain yang umumnya memiliki biaya transfer Rp 6000 – Rp 7000 tiap kali transaksi.

Tidak adanya biaya pada Jenius ini menjadi sangat tepat bagi millineal atau orang yang baru bekerja pertama kali yang keuangannya terbatas, namun ingin memiliki kartu debit dengan berbagai fitur untuk mengelola keuangan.

  1. Deposito Jenius : bunga tinggi

Pengguna Jenius dapat menikmati bunga tinggi untuk tabungan dan deposito. Ada beberapa jenis pilihan deposito berjangka serta bunga yang berbeda tergantung apda tenor dan jumlah penempatannya.

Bunga deposito paling tinggi yang dimiliki yaitu suku bunga 0.6% per tahunnya untuk jumlah penempatan minimal senilai Rp 10.000.000. Produk ini disebut dengan “Maxi Server”.

Sedangkan bunga untuk tabungan yaitu sebesar 4% tanpa menggunakan saldo minimum dan akan dibayarkan setiap bulannya. Jenis tabungan ini bernama tabungan “Flexi Server”.

  1. Rekening Valas, Cocok untuk Travelling

Saat melakukan travelling ke luar negari apabila membutuhkan uang cash maka harus menukarkan Rupiah di Money Changer atau tarik tunaik melalui kartu ATM rekening rupiah yang dimiliki.

Namun, cara ini tidaklah murah. Jenius menawarkan cara yang lebih murah, yakni dengan membuat rekening valas melalui online pada aplikasnya. Sehingga penggunanya dapat melakukan tarik tunai langsung dari mata uang valas, bukan dari rekening rupiahnya.

  1. Terdapat Fasilitas Dana Tunai, Bunga Terjangkau

Jenius menyediakan tawaran pinjaman dana tunai yang terintegrasikan pada satu aplikasi. Fitur ini bernama Flexi Cash.

Flexi Cash akan memberi limit pinjaman untuk penggunanya, di mana pengguna tersebut dapat menarik uang tunai sebesar limit yang diberikan, dan apabila dilakukan pembayaran maka limit tersebut akan kembali seperti semula.

Hampir sama dengan kartu kredit, namun Flexi Cash memberi pinjaman dana tunai dan bunganya lebih terjangkau.

  1. Tabungan dan Kelola Keuangan

Tersedia fitur tabungan dan mengelola keuangan yang menarik. Fitur untuk tabungannya bernama Save it Jenius. Pada fitur ini, uang milik Anda akan disetorkan ke rekening Jenius. Kemudian secara otomatis akan masuk ke Saldo Aktif (Active Balance).

Supaya dapat menikmati bunga sampai 5,75%, maka Anda harus memindahkan uang dari Saldo Aktif ke berbagai pilihan fitur tabungan yang tersedia di Save it yaitu Flexi Saver, Dream Saver, atau Maxi Saver.

Selain itu, tersedia juga fitur monitoring transaksi keuangan, yaitu:

  1. Semua transaksi uang keluar dan masuk yang ada pada Saldo Aktiv dapat ditelusuri
  2. Dapat melakukan pencarian yang lebih detail menggunakan filter yang Anda pilih sendiri.

 

  1. Kartu Kredit untuk Millineal

Salah satu yang dikeluhkan millineal saat ini yakni tidak memiliki kartu kredit. Padahal kartu kredit dibutuhkan untuk melakukan transaksi melalui internet.

Untuk memilik kartu kredit saat ini tidaklah mudah. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi, apalagi bagi millineal yang baru saja masuk kerja.

Namun, jangan khawatir karena Jenius memberikan solusinya. Pada saat And membuka rekening tabungan dan kartu kredit, maka secara otomatis Anda juga akan diberkan kartu kredit oleh Jenius tanpa melalui proses yang ribet.

  1. Top Up E-Money (OVO, GoPay)

Jenius menyediakan fitur untuk melakukan top up e-money ke berbagai macam perusahaan, seperti OVO, Dana, GoPay, dan sebagainya.

Kelebihannya yaitu Anda tidak perlu mengetikkan nomor e-money tiap kali akan melakukan top up karena Jenius telah menyimpan nomor e-money tersebut di e-wallet center pada aplikasi.

Kelemahan Jenius

  1. Jaringan ATM Terbatas

Kekurangan pertama yang dimiliki yaitu terbatasnya jaringan pada ATM BTPN yang menjadi induk dari Jenius.

Namun, Jenius tetap memberikan solusi. Aplikasi ini tidak akan memungut biaya transfer dan tarik tunai melalui ATM bank lain kepada penggunanya.

Akan tetapi, penggunanya harus mempunyai saldo minimal tertentu. Untuk saat ini Rp 1 juta supaya dapat menikmati fasilitas gratis transfer dan tarik tunai melalui ATM bank lain.

  1. Fitur Valas Terbatas

Walaupun memiliki tawaran deposito dengan bunga yang menarik, akan tetapi Jenius tidak mempunyai pilihan investasi yang lainnya pada aplikasi.

Misalnya, tidak terdapat pilihan investasi di Reksadana atau Surat Berharga Pemerintah. Kedua investasi ini umumnya ditawarkan pada bank lain. Selain itu, Jenius juga belum mempunyai menu transfer ke luar negeri secara online.

  1. Biaya Top Up E-Money Mahal

Jenius memberikan ketentuan biaya top up saldo Gopay, LinkAja, OVO (setelah kuota fasilitas Jenius habis) yaitu Rp 3 ribu setiap kali transaksi.

Biaya ini tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan bank lainnya yang hanya memiliki biaya top up sebesar Rp 1000 per transaksinya.

Baca Juga: 

Mengapa Aplikasi Jenius Tidak Bisa Dibuka?

Biasanya pengguna akan mengalami masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka atau error pada salah satu jenis fiturnya. Jika terjadi hal demikian, maka Anda dapat melakukan hal berikut ini:

  1. Mengakses Jenius melalui website
  2. Mengupdate aplikasi Jenius terbaru melalui Google Play Store
  3. Memastikan internet stabil karena aplikasi ini memerlukan koneksi internet baik
BTPN Jenius: Cara Daftar, Fitur, Kelemahan dan Keunggulan
BTPN Jenius: Cara Daftar, Fitur, Kelemahan dan Keunggulan

Penutup

BTPN Jenius menyediakan berbagai macam fitur yang inovatif dan tidak terdapat pada bank lain. Meskipun demikian, biaya-biaya yang diperlukan sangat rendah bahkan beberapa ada yang gratis dari aplikasi ini. Sehingga, menjadikan Jenius sangat sesuai dengan kantong milinial. Semoga bermanfaat.

Sekian artikel dari PartnerBisnisMu semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *