PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Usaha Katering: Bisnis Rumahan yang Patut Dicoba

Usaha Katering: Bisnis Rumahan yang Patut Dicoba

Saat ini, banyak orang mulai menekuni usaha katering sebagai salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Usaha ini tidak mengharuskan kamu bekerja setiap hari, tapi hanya ketika ada pesanan.

Meskipun begitu, bukan berarti prospek jangka panjang dan keuntungannya sedikit. Justru, banyak orang melihat di masa depan usaha ini dapat berkembang. Alasannya sudah banyak orang lebih memilih membeli makanan.

Dari sisi peluang, tentu usaha katering lebih memungkinkan untuk dilakukan. Apalagi jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga, katering jadi salah satu pilihan. Lalu, bagaimana prospek jangka panjangnya?

Prospek Bisnis Rumahan Usaha Katering

Saat ini, kebutuhan katering telah meningkat tajam. Adanya aktifitas luar yang sering diadakan oleh berbagai komunitas, organisasi, hingga kantor membuat katering memiliki prospek sangat cerah.

Misalnya, ada sebuah acara pelatihan dari komunitas atau kantor. Dalam acara tersebut, konsumsi bagi para peserta dan panitia jelas diperlukan. Sedangkan panitia tidak mungkin masak sendiri, bukan?

Oleh sebab itu, panitia akan lebih memilih untuk meminta jasa katering. Pilihan makanan juga lebih bervariasi serta lebih terjamin. Sedangkan panitia hanya perlu fokus terhadap setiap rangkaian acara.

Di sisi lain, pada tahun 2015 ada survei dari AC Nielsen. Survei tersebut menunjukkan bahwa ada sekitar 90% konsumen tidak keberatan membeli makanan dengan harga mahal asalkan berkualitas.

Pilihan Katering Makanan yang Dapat Dipertimbangkan

Ketika menjalankan bisnis rumahan ini, maka tidak harus menyediakan makanan mahal. Saat ini, makanan sehat lebih banyak diminati. Kebutuhan hidup sehat membuat banyak orang mulai mengonsumsi makanan segar.

  1. Nasi box untuk Anak-anak

Salah satu pilihan yang dapat dipilih adalah nasi box untuk anak-anak. Umumnya, ketika sekolah mengadakan study tour, mereka membutuhkan jasa katering. Terutama jika study tour diadakan di luar kota.

  1. Makanan bebas gluten

Sudah banyak orang menghindari gluten karena alasan khusus. penelitian dari New York Times juga menyebutkan peningkatan 30% konsumsi makanan bebas gluten. Bukankah ini sebuah peluang besar untuk usaha katering?

  1. Makanan clean foods

Di kota-kota besar, katering dengan label clean foods selalu menjadi incaran utama. Makanan tersebut mengandung banyak vitamin, mineral, hingga kandungan bermanfaat lain. inilah yang membuat banyak katering berlabel clean foods.

Cara Mengembangkan Usaha Katering dengan Mudah

Memang, mulai banyak diminati. Persaingan dalam mencari konsumen juga semakin ketat bersamaan banyaknya pesaing. Namun, tentu ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan usaha ini.

  1. Pilih target konsumen

Memilih target adalah langkah paling sederhana mengembangkan usaha tersebut. Misalnya, kamu memilih target kepada komunitas atau organisasi. Artinya, hal ini juga berkaitan dengan jenis makanan dan juga harga per box.

Kamu juga dapat memilih target berupa perusahaan rintisan. Sediakan makanan kelas atas dengan harga terjangkau. Hal tersebut diyakini berperan besar dalam mendapatkan pasar yang lebih pasti.

  1. Buat variasi makanan

Jika baru mengembangkan usaha ini, cukup sediakan beberapa menu saja. Namun, jika sudah berjalan lebih baik, kembangkan menu sesuai target konsumen. Misalnya menyediakan menu khusus konsumen vegetarian.

Kamu juga dapat menyediakan beberapa menu smoothies setiap minggu. Biarkan konsumen memilih smoothies yang mereka inginkan. Langkah ini dapat membuat usaha kamu dekat dengan konsumen.

  1. Sediakan informasi gizi

Sudah banyak konsumen peduli dengan gizi makanan yang mereka makan. Lalu, bagaimana jika kamu juga menyediakan informasi lengkap dalam makanan tersebut? Bukankah konsumen akan jauh lebih percaya?

Setiap box bisa kamu tambahkan informasi gizi. Misalnya, berapa kandungan vitamin atau mineral secara keseluruhan. Serta berapa jumlah kalori, lemak, dan karbohidrat dalam menu makanan tersebut.

Jika diperhatikan lagi, usaha ini memang memiliki prospek jangka panjang meyakinkan. Cukup terus melakukan inovasi supaya dapat menarik konsumen. Bisnis rumahan ini dijamin memberikan keuntungan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *