PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Administrasi Bisnis, Jurusan yang Mulai Banyak Dicari

Administrasi Bisnis, Jurusan yang Mulai Banyak Dicari

Jurusan administrasi bisnis saat ini menjadi salah satu jurusan unggulan. Setiap tahun, ada ribuan peminat yang ingin memasuki jurusan tersebut. Sedangkan daya tampungnya terbatas hanya beberapa saja.

Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa saat ini jurusan yang berbau bisnis jadi mulai populer. Beberapa alasan diantaranya adalah prospek kerja jangka panjang jauh lebih baik.

Namun, sebenarnya jurusan ini sendiri memiliki beberapa hal yang patut diperhatikan. Hal tersebut mulai dari prospek jangka panjang, alasan mengapa harus memilihnya, hingga beberapa hal lainnya.

Mengenal Apa Itu Administrasi Bisnis

Administrasi dalam bisnis atau juga sering disebut sebagai administrasi niaga merupakan salah satu program studi di banyak perguruan tinggi. Di dalamnya kamu akan belajar banyak hal tentang operasional bisnis perusahaan.

Kegiatan tersebut meliputi pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM, produksi, hingga manajemen distribusi. Selain itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya menciptakan produk sendiri yang berbeda dengan kompetitor lain.

Umumnya, ketika membuat produk sendiri bukan berarti mengubah bentuknya dan mendapatkan keuntungan. Justru kamu akan belajar bagaimana menanamkan value kepada produk tersebut sehingga memiliki daya tarik.

Itulah mengapa dalam jurusan ini ilmu yang diajarkan berkaitan langsung dengan urusan klarikal kantor. Bahkan, semua urusan informasi, sarana prasaran, hingga manajemen data juga diajarkan.

Mengapa Banyak Orang Memilih Jurusan Ini Administrasi Bisnis

Pada dasarnya, administrasi niaga akan mengajarkan tentang pengurusan dokumen. Namun, kamu juga tidak akan selalu belajar tentang pengelolaan dokumen. Justru kamu akan belajar banyak hal tentang cara menjalankan bisnis.

Artinya, administrasi niaga sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa entrepreneur. Di sisi lain, prospek jangka panjang lulusan administrasi niaga juga luas. Hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan jurusan ini.

Bahkan, beberapa perusahaan juga telah menyediakan posisi tinggi bagi lulusan administrasi niaga. Umumnya, posisi tinggi ini berkaitan langsung dengan masa depan perusahaan. Tentu, wajar jika banyak orang memilih jurusan ini.

Apa Saja yang Harus Dipelajari Administrasi Bisnis

Dalam administrasi niaga, ada banyak sekali ilmu aplikatif yang akan diajarkan. Kebanyakan ilmu tersebut adalah ilmu terapan. Jadi bukan hanya sekedar teori, tapi lebih banyak ilmu lapangan.

Sebut saja tentang ilmu azas manajemen. Dalam ilmu tersebut, kamu akan dibekali bagaimana menjalankan manajemen perusahaan yang baik. Misalnya saja 4 sifat manajemen yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan.

Ada juga ilmu tentang dasar-dasar organisasi. Lulusan administrasi niaga umumnya memiliki posisi penting. Artinya, mereka harus mengerti bagaimana menjalankan sebuah organisasi bisnis besar seperti sebuah perusahaan.

Ada juga ilmu tentang komunikasi keorganisasian. Sebuah bisnis tidak akan berjalan baik tanpa adanya komunikasi antarpersonal. Kemampuan komunikasi ini bisa kamu dapatkan dalam jurusan administrasi niaga.

Kebijakan dan strategi pemasaran juga jadi salah satu ilmu dalam administrasi niaga. Setiap kebijakan pasti membawa sebuah dampak. Apalagi jika kaitannya dengan strategi pemasaran untuk mempromosikan produk bisnis.

Di sisi lain, ilmu tentang sistem informasi manajemen juga kamu dapatkan. Ilmu ini memberikan dasar kuat untuk melakukan pengelolaan setiap arus informasi perusahaan dengan tujuan mencapai target.

Ilmu tentang strategi SDM juga pasti kamu dapatkan. Bisnis bukan hanya tentang mencapai target dan mendapatkan keuntungan. Namun, bisnis juga berkaitan dengan hubungan dan pengembangan SDM

Ilmu-ilmu lain yang akan kamu pelajari adalah psikologi industri, manajemen risiko, perpajakan, hingga perilaku konsumen. Semuanya berkaitan langsung dengan prospek keuntungan jangka panjang sebuah perusahaan bisnis.

Beberapa alasan ini memang tidak mewakili semua faktor. Namun, dari sini saja sudah terlihat bahwa prospek jangka panjang jurusan ini sangat cerah. Wajar jika jurusan administrasi bisnis jadi pilihan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *